.

.
» » Pemkab Minsel Siapkan Dana Rp.13,612 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

Photo: Bupati Tetty Paruntu saat mengikuti Video Conference
Minsel, RedaksiManado.com -Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan alokasikan dana mencapai Rp13, 612 miliar untuk pembiayaan program penanganan bencana pandemi COVID-19. Gelontoran anggaran tersebut sudah diajukan ke Kemendagri sebagai laporan tindak lanjut Intruksi Menteri (Imen) sejak Rabu (8/4) pekan lalu.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)  Melky Manus menjelaskan refocusing anggaran tersebut tidak hanya untuk penanganan kesehatan, namun juga untuk masyarakat yang terdampak secara sosial ekonomi atau jaring pengaman sosial. Sebagaimana arahan Bupati Christiany Eugenia Paruntu yang dibahas bersama TAPD. 

"Kita sudah siapkan anggarannya sebesar Rp13, 612 miliar. Penggunaannya ada pada tiga sektor. Yakni pada sektor kesehatan,  ekonomi dan sosial. Sebagai dampak dari Covid-19 ini, " ungkap Manus Selasa (14/4) 2020.

Rincian anggaran miliaran rupiah itu didapat dari realokasi sejumlah kegiatan rutin dan belanja tidak terduga. 

"Untuk belanja kegiatan yang digeser mencapai Rp6,112 miliar. Sementara dari belanja tak terduga (BTT)  mencapai Rp7,500 miliar, " tambah Manus. 

Sementara itu, juru bicara Covid-19 Kabupaten Minasaha Selatan Royke Mandey menjelaskan penggunaan anggaran untuk sektor kesehatan digunakan untuk pembelian alat medis seperti paket APD,  masker,  handsanitizer, handscon dan alat pengukur suhu. Termasuk juga untuk penanganan pasien.

"Begitupun untuk sektor ekonomi dan sosial. Pemerintah kabupaten sudah sedang menyiapkan bantuan sembako. Untuk dibagikan ke masyarakat yang terdampak. Ada sekira 18.000 KK yang sudah didata, " tandasnya. 

Dia juga menghimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Tetap tinggal di rumah,  lakukan physical distancing dan rajin cuci tangan. (*)

Seventh 4/14/2020

Penulis: Seventh

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: