» » Manfaatkan Eceng Gondok,Kodim 1302 /Minahasa Gelar Pelatihan Kerajinan

Minahasa,RedaksiManado.Com~Komandan Kodim Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo S Sos MSi, gelar Coffee Morning dengan para wartawan,bertempat di kompleks di Lapangan Tembak,Tondano pada Kamis (12/03/2020).

Rahardjo masih menyempatkan diri ditengah kesibukan sebagai koordinator pengangkatan Eceng Gondok di Danau Tondano yang dipercayakan oleh pemkab setempat.Ia mengakui, pada program pelestarian Danau Tondano yakni pengangkatan Eceng Gondok hampir rampung.

Dalam kesempatan ini juga Rahardjo mengungkapkan saat ini pihaknya untuk mengatasi eceng gondok,memakai sistem diangkat,karena untuk mengatasi dengan menyebarkan ikan koan dan pestisida sangat tidak efektif karena dapat merusak ekosistem yang ada di Danau Tondano.

Dandim Raharjo menambahkan saat ini masih tahapan uji coba Eceng Gondok akan dijadikan bahan baku kerajinan,maupun sebagai biogas.Sekarang kami mengadakan pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari Eceng Gondok,dengan mendatangkan instruktur dibawah langsung dari Solo, Jawa Tengah yang sudah berpengalaman dan berhasil mengolah eceng gondok hingga dapat di eskspor,ungkap Dandim.

"Kami berharap sebelum Festival Danau Tondano,masalah eceng Gondok tersebut sudah teratasi,karena nantinya akan digelar kegiatan Lomba Perahu Tradisional yang bisa menjadi ikon pariwisata baru di tanah Minahasa,"harap Raharjo dan mengajak agar dapat ikut serta dalam festival nanti.juga untuk seluruh elemen masyarakat, agar dapat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah bersama pihak Kodim karena itu semua untuk membantu kehidupan masyarakat didaerah.

Diketahui pada tanggal 23-24 Maret, bekerjasama dengan sejumlah instansi, Kodim 1302/Minahasa akan menggelar Lomba Perahu Tradisional di Danau Tondano tepatnya di Kompleks Karati Hill, Kelurahan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, Minahasa.**(Abd)

Artur Hansang 3/12/2020

Penulis: Artur Hansang

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: