.

.
» » Pemerintah Kota Bitung Tanda Tangani MOU Kurangi Sampah Plastik Bersama Pengusaha


Bitung, RedaksiManado.Com-Wali Kota bersama Wakil Wali Kota dan Sekretaris melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) bersama para pengusaha perikanan dan pengusaha toko modern selesai upacara perdana di BPU kantor Walikota. Kamis (03/01/2019).


Penandatanganan MOU ini adalah sebagai salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam memerangi sampah plastik yang tidak ramah lingkungan, yang berdampak kepada kelangsungan hidup baik manusia dan lingkungan terlebih khusus pencemaran terhadap laut.

Menurut Lomban, perjanjian bersama ini dilakukan agar pengusaha dan pemerintah yang ada di kota Bitung memiliki semangat yang sama dalam rangka memerangi sampah plastik untuk menjaga kelestarian alam, berdasarkan peraturan Walikota Bitung No 7 Tahun 2018.

"Khusus untuk menjaga kebersihan di laut nantinya pemerintah melalui dinas perikanan dan Pelabuhan Perikanan Samudera akan memberlakukan manisfestasi atas barang logistik yang dibawa para nelayan dan akan diperiksa kembali saat kapal atau perahu mereka kembali ke darat" ungkapnya. 

Lanjutnya, jumlah sampah dari logistik tersebut harus sesuai dengan jumlah manifestasi awal, sehingga tidak ada lagi kapal-kapal yang membuang sampah di laut, dan akan ada sangsi bagi mereka yang melanggar ketentuan yang sudah disepakati bersama.

“Hal yang sama juga dilakukan bagi toko-toko moderen, supermaket, toko dan pasar tradisional dimana tidak diperkenankan lagi menggunakan kantung plastik dan menghimbau para pelanggang untuk menggunakan kotak dari kadus yang sudah disiapkan atau membawa tas belanja sendiri,” jelasnya.

Seperti diketahui Pemerintah Kota Bitung sendiri semenjak tahun 2016 sudah melakukan kampanye Go Green dan Less Plastik, dimana mulai saat itu seluruh ASN diwajibkan membawa tumbler dan tidak lagi menyediakan minuman dan makanan dalam kemasan plastik sekali pakai pada setiap acara. (Ical)

Unknown 1/03/2019

Penulis: Unknown

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: