.

.
» » Pemkot Tomohon Sosialisasikan Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah Organik

Tomohon,RedaksiManado.Com~Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon,bekerjasama dengan Bagian Pembangunan dan Layanan Pengadaan kota  Tomohon ,menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Kompos,kegiatan dihadiri oleh Asisten Perekonomian Setda Kota Tomohon Max.M Mentu, S.IP.MAP mewakili Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak,bertempat di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon, 7/12/18.

Dalam sambutan Walikota Tomohon yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian mengatakan, Sampah  diberbagai daerah menjadi masalah yang serius, bahkan wilayah yang seharusnya belum menjadi masalah pun telah menjadi masalah. Penyebabnya adalah sampah tidak dikelola dengan baik, yang lebih serius lagi adalah ketika sampah itu bercampur aduk antara sampah organic, sampah non organik dan sampah beracun sehingga satu dan lain akan bereaksi dan membentuk senyawa yang lebih berbahaya.

Mentu menambahkan, pengomposan adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah sampah organic. Dengan pengomposan sampah organic akan diubah menjadi pupuk yang dapat di gunakan untuk menunjang kesuburan tanah ataupun tanaman.

“Jika pengelolaan sampah dilakukan dengan baik, sampah bukanlah sebuah masalah karena pengelolaan sampah bisa dilakukan dengan relative aman, bahkan sampah bisa menjadi sumber uang yang cukup potensial karena sampah bisa dijadikan sumber energy, pupuk kompos atau daur ulang yang kemudian bisa menghasilkan dana yang tidak sedikit.” Ujar Mentu.

Sebelumnya, kasubag Lingkungan Hidup, Pangan dan Pertanian setda dalam laporannya mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat menjadi motifator dalam pengelolaan sampah yang berbasis masyarakat.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Kadis Lingkungan Hidup Kota Tomohon Novi A.H Politon, SE, sebagai narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sulut Barthe Karouw, S.Si serta para peserta sosialisasi.**(abd)

EL 12/08/2018

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: