» » Generasi Emas Belgia Hadapi Ujian Samurai Biru Jepang

RedaksiManado.Com – Die Rode Duivels, Belgia, menhiasikan status mereka sebagai salah satu tim yang diunggulkan untuk melaju jauh di turnamen Piala Dunia 2018 ini dengan menjuarai grup G tempat mereka bersaing dengan Inggris, Tunisia dan Panama.


Tim besutan Roberto Martinez tersebut kini akan mencoba menegaskan status mereka sebagai calon kampiun dunia dengan menghadapi wakil benua Asia, Jepang di fase gugur 16 besar. Tengah pekan ini.

Samurai Biru melaju dengan permainan solid dan sedikit keberuntungan ke fase gugur. Hal itu lantaran sebenarnya poin mereka sama persis dengan Senegal di klasemen akhir grup H dengan head to head berimbang, selisih gol sama.

Jepang bisa melaju hanya karena mereka mengantongi lebih sedikit kartu kuning dibanding Senegal.

Namun satu-satunya wakil Asia tersebut kini akan mencoba membuktikan bahwa mereka tak melaju hanya karena keberuntungan.

Melihat komposisi pemain dari kedua timnas Belgia diprediksikan akan mampu hentikan perjalanan timnas Jepang dilaga nanti karena level pemain tim lawan berada di 1 level lebih rendah.

Duel akan digelar di Rostov Arena pada 3 Juli 2018.

Data dan Fakta Belgia vs Jepang.

– Belgia bisa memainkan seluruh kekuatan terbaik mareka karena tak ada pemain yang cedera maupun terkena skorsing.

– Jepang bisa memainkan seluruh kekuatan terbaik mareka karena tak ada pemain yang cedera maupun terkena skorsing.

– Kedua negara baru 5 kali bertemu sebelumnya dengan Belgia hanya menang 1 kali, dua kali imbang dan 2 kemenangan mampu diraup Jepang.

– Sementara untuk bertemu diajang Piala Dunia sendiri total sudah bertemu 1 kali yang berakhir dengan skor imbang pada tahun 2002 silam dengan skor 2-2.

– Terakhir kali kedua negara bertemu 14 November 2017 lalu dalam laga ujicoba. Kala itu Belgia mampu menekuk Jepang dengan skor tipis 1-0 berkat gol semata watang Romelu Lukaku.

Lukaku dibantu Eden Hazard yang mencetak 3 gol serta Michy Batshuayi dan Dries Mertens yang masing-masing mengoleksi 1 gol.

Hazard dan Mertens juga mampu mencatat 1 assist, sama dengan koleksi Toby Alderweireld, Kevin de Bruyne serta Thomas Meunier.

– Tak ada pencetak gol dominan di Jepang karena Keisuke Honda, Takashi Inui, Shinji Kagawa serta Yuya Osako sama-sama telah mencatat 1 gol di fase grup.

Honda dan Inui juga memberikan 1 assist bagi rekan-rekannya, sama dengan bek Yuto Nagatomo.

– Tercatat Shinji Okazaki pernah membobol gawang timnas Belgia 2 kali.

– Belgia sendiri sudah menyamai torehan mereka di tahun 2002 silam saat mencapai babak 16 besar, pada Piala Dunia 2014 lalu pasukan Red Devils sukses mencapai babak perempat final.

– Jepang sendiri sukses mencapai torehan yang sama pada tahun 2002 dan 2010 silam saat pasukan Samurai mencapai babak 16 besar.

– Dua punggawa timnas Jepang, Maya Yoshida (Southampton) dan penyerang Shinji Okazaki (Leicester City) cukup mengenal permainan para pemain yang merumpun di liga Inggris lantaran Belgia sendiri mayoritas dihuni para pemain yang membela klub di negeri Elizabeth tersebut.

– Setelah hanya menjadi pemain pengganti, sang top skorer timnas Jepang Okazaki akhirnya tampil sebagai starter saat laga terakhir vs Polandia.

– Gelandang fenomenal milik Belgia, Adnan Januzaj sukses mencetak gol perdananya dilevel timnas saat diriya membobol gawang timnas Inggris dilaga pamungkas.

– Mantan bek tengah Inter Milan, Yoto Nagatomo cukup mengenal permainan dari bintang milik Napoli, Dries Mertens dilaga nanti.

– Gelandang Belgia, Marouane Fellaini pernah bermain bersama dengan gelandang Jepang Shinji Kagawa saat masih membela Manchester United pada musim 2013/2014 silam.

Shinji Okazaki hanya perlu bermain 1 kali lagi untuk menjadi pemain nomor 3 terbanyak tampil untuk timnas usai melewati catatan penampilan milik kiper legenda Yoshikatsu Kawaguchi.

– Sementara Keisuke Honda hanya perlu tampil 1 kali lagi untuk menyamai catatan milik legenda spesialis freekick Shunsuke Nakamura.

– Pelatih timnas Belgia Roberto Martinez pernah menghadapi timnas Jepang 1 kali dan sukses raih kemenangan. *(Bay)

Redaksi Manado 7/02/2018

Penulis: Redaksi Manado

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: