.

.
» » » Bukti Kepedulian, Santunan Duka Sumendap Capai 5,4 Miliar

MITRA, RedaksiManado.Com — Santunan pemerintah melalui Bupati Mitra James Sumendap SH memberikan bukti kepedulian kepada masyarakat mitra yang di timpa duka, hal ini telah mencapai Rp5,4 miliar. Angka ini hasil kalkulasi Rp7 juta dengan jumlah warga Mitra yang meninggal selama tahun 2017 yakni 780 warga. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil David Lalandos menyatakan, pihaknya berhasil merangkum data jumlah warga yang meninggal hingga Selasa (3/10).


Dijelaskan Lalandos, tentunya santunan duka merupakan komitmen Bupati James Sumendap kepada semua masyarakat Mitra. Kendati demikian, kata Lalandos, penyaluran dana duka harus sesuai prosedur. “Utamanya adalah benar benar warga Mitra,” ujar Lalandos, Rabu (4/10).

Lebih jauh Lalandos menerangkan, sistem komputer Dukcapil Mitra akan secara otomatis menghitung jumlah warga yang meninggal. “Setiap kali terjadi kematian, data langsung masuk ke Disdukcapil,” kata Lalandos.

Tak sampai di situ, kata Lalandos, proses penerbitan akta kematian, dapat diproses dengan cepat. “Instruksi bupati untuk mempercepat proses pendataan dan administrasi. Sasarannya untuk meringankan beban keluarga yang berduka,” pungkas mantan Kabag Humas Pemkab Mitra.

Terpisah, Bupati James Sumendap mengungkapkan, dana duka menjadi program prioritas pemerintah daerah. Tujuannya pemerintah tidak mau menyusahkan masyarakat yang berduka. “Saya tidak rela melihat keluarga berduka kemudian terbeban dengan dana untuk acara pemakaman maupun acara mingguan. Untuk itu, saya keluarkan program dana duka Rp7 juta. Supaya bisa membantu masyarakat, sehingga tidak memikirkan uang saat berduka,” jelas suami tercinta Ketua TP PKK Mitra, Jein Leonora Rende ini. (AW)

Admin RMC , 10/05/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: