.

.
» » » Rum Usulu Bantah Berita Hoax, Anggaran ‘Manado Fiesta’ 200 M Tidak Benar

MANADO, RedaksiManado.Com – Beredarnya informasi menyesatkan terkait dana pelaksanaan iven ‘Manado Fiesta’ 2017 mencapai Rp200 Miliar, mengharuskan pemerintah Kota Manado angkat bicara untuk meluruskan informasi tersebut. Klarifikasi tersebut disampaikan langsung Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado, Drs Rum Usulu yang juga adalah Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).
“Dana ‘Manado Fiesta’ 2017 yang benar tertata di APBD induk 2017 yakni 7 Miliar lebih, dan untuk APBD Perubahan hanya 4 Miliar lebih. Jadi tidak benar dana Manado Fiesta sampai angka 200 Miliar. Berita di Medsos itu berita bohong alias Hoax,” ungkap Usulu, Minggu (3/9/2017).
Dana untuk kegiatan ‘Manado Fiesta’ yang tertata dalam APBD Induk sebesar Rp 7 Miliar lebih ditambah Rp 4 Miliar lebih dari APBD Perubahan. Jadi total anggaran Manado Fiesta hanya sebesar Rp 12 Miliar lebih.
“Sekali lagi dari tambahan dana 200 Miliar, untuk mendukung sukses iven pariwisata ‘Manado Fiesta’ 2017 dianggarkan hanya 12 miliar lebih. Dana lainnya untuk membiayai program pembangunan di Kota Manado. Kan hajatan akbar Manado Fiesta hanya 10 hari yakni dari tanggal 1 sampai 10 September, masakan dananya mencapai Rp 200 Miliar tak masuk akal,” kata Usulu.
Pada kesempatan itu, Sekda Usulu meminta agar aparat keamanan menelusuri ikut membantu menemukan pelaku penyebar berita Hoax di Medsos tersebut. Jangan sampai masyarakat salah menanggapi yang pada akhirnya merugikan kepentingan umum.
“Saya mengajak kita semua agar melawan berita Hoax dan berita bohong yang menyesatkan dan bersifat fitnah terhadap pemerintah Kota Manado, karena tidak sesuai kenyataan yang ada. Pada akhirnya merugikan masyarakat itu sendiri, silahkan aparat menyelidiki siapa pelaku pertama yang menyebarkan kabar dusta itu,” kata Sekda Usulu sedikit berang.
Ditempat terpisah, anggota Komisi A DPRD Kota Manado, Syarifudin Saafa angkat bicara. Saat diwawancarai, Saafa membantah bahwa anggaran untuk festival disediakan Rp 200 Miliar. Menurut Saafa besaran anggaran untuk ‘Manado Fiesta’ kurang lebih totalnya Rp 12 Miliar.
Terkait informasi ke publik yang viral di Medsos bahwa anggaran Manado Fiesta sebesar 200 M, itu tidak benar dan keliru. Dana Manado Fiesta itu ditata di APBD untuk dan kemudian di tambah Perubahan APBD 2017. Itu ditata secara khusus di dinas pariwisata, dan anggaran tersebut juga sudah melalui tahapan evaluasi di pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dan total anggaran untuk festival ‘Manado Fiesta’ kurang lebih Rp 12 Miliar,” ujar Saafa, anggota DPRD dua periode ini, Senin (4/9/2017).(Vikni)

Admin RMC , 9/04/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: