.

.
» » » » SAS :Pelayanan Kepada Publik Adalah Suatu Pengabdian

Tomohon,Redaksi Manado.Com~Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan pada hari selasa 20/6,   menghadiri kegiatan Pelatihan Aparatur Pemerintah Kelurahan dalam bidang Manajemen Pemerintah Kelurahan se Kota Tomohon selaku narasumber yang dilaksanakan di Tulip Inn Guest House yang berlangsung selama 4 hari sejak hari senin 19/6.
Dalam pemaparannya Wakil Walikota mengungkapkan bahwa Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.
Aparatur Pemerintah kelurahan adalah unsur penyelenggara urusan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat yang ada di kelurahan seperti Lurah, Sekretaris Kelurahan, Kepala Seksi dan Staf/Pelaksana.
Beliau menambahkan bahwa Aparatur Pemerintah bertugas untuk memberikan pelayan publik yang nyaman, aman, ada kepastian hukum, tepat waktu, berkualitas dan yang memudahkan masyarakat. Tugas-tugas tersebut haruslah dilaksanakan/ diimplementasikan di lapangan oleh para staf/pelaksana yang diberikan wewenang dan tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat
 “Perlu di ingat, Pengabdian harus dibarengi dengan hati yg tulus, dan setiap staf yang ada di garis depan pelayanan, wajib memiliki mindset pengabdian.” tegas Wawali.
Pelayanan publik dari instansi pemerintah adalah pelayanan yang sifatnya pengabdian pada bangsa dan negara. “Pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui instansi pemerintah, yang memiliki fungsi dan tanggung jawab sebagai aparatur pelayanan masyarakat.” tambahnya.
Pada Kesempatan tersebut Wakil Walikota juga mengingatkan kepada seluruh perangkat kelurahan mulai dari Lurah hingga staf untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan, hadir di kantor tepat waktu serta bersedia menerima masukan dari masyarakat. “Pemimpin dan pelayan masyarakat yang baik adalah mereka yang mau menerima masukan.” ucap Wawali.
“Disemua kelurahan sudah ada Standar Operasianal Pelayanan, oleh sebab itu gunakan itu sebagai pedoman dalam melayani masyarakat apabila dalam SOPP ditentukan 15 Menit selesai maka diupayakan paling lambat 15 Menit sudah diterima oleh masyarakat. Jangan beralasan macam-macam, Bagi Kelurahan yang belum memiliki SOPP segera menyusun dan melaksanakan sesuai dengan SOPP.”tutup Wawali.
Hadir dalam kegiatan ini Kadis Pemberdayaan Masyarakat & Kelurahan Max M. mentu, S.IP, MAP beserta jajaran dan seluruh kepala seksi, staf dan perangkat kelurahan se- Kota Tomohon.(Abd)

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: