.

.
» » » BPBD Mitra Gelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana

Mitra, RedaksiManado.Com - Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar Sosialisasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana serta Pencanangan Hari Kesiapan Bencana Nasional dengan Tema "Membangun Kesadaran dan Kewaspadaan dalam Menghadapi Bencana, di Wongkai satu, Rabu (26/4/17).
Asisten I Gotlieb Mamahit Mewakili Bupati James Sumendap, saat membuka kegiatan sosialisasi mengatakan bahwa tugas dan fungsi BPBD memang banyak, mulai dari sosialisasi pencegahan bencana, informasi tanggap bencana, kesiapsiagaan penyelamatan, sampai pada rehabilitasi dan rekonstruksi kawasan pasca bencana, yang semuanya bertujuan sebagai pengurangan resiko bencana serta mengedepankan pelayanan publik yang lebih memprioritaskan masyarakat.
"Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, diharapkan dapat terbentuknya masyarakat yang siaga bencana dan tangguh dalam menghadapi bencana, serta dapat menambah pengetahuan dan memperbahrui inovasi dalam menghadapi bencana yang mungkin semuanya dapat terjadi diluar dugaan kita," Terangnya.
Sementara itu, Kepala BPBD Mitra Ferry Uway mengatakan bahwa sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang pencegahan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.
Selain memberikan materi terhadap peserta sosialisasi, tim dari BPBD Mitra juga memperagakan beberapa simulasi tentang penyelamatan korban bencana.
"Sesederhana apapun itu, jika tidak di praktekkan akan sulit untuk dilakukan. Maka dari pada itu, dengan sosialisasi ini saya harap kita bisa meminimalisir bencana, juga peserta memiliki kemampuan siap untuk selamat," tukas Uway
Ia menambahkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadikan 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB).
"Pada tanggal 26 April Hari Kesiapsiagaan Bencana akan diperingati secara nasional di seluruh daerah Indonesia dan pada tanggal tersebut setiap daerah akan melaksanakan simulasi kesiapsiagaan bencana," pungkasnya.(Val)

Redaksi Manado 2017 , 4/27/2017

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: