.

.
» » Disbudpar Minahasa Sukses Menyelenggarakan Lomba Pidato Bahasa Daerah


TONDANO,RedaksiManado.Com– Dibuka oleh Bupati Minahasa DrsJantje Wowiling Sajow,M.Si yang di wakili oleh Sekda Jeffry R Korengkeng,SH,M.Si Dalam Pegelaran lomba pidato berbahasa daerah (Minahasa) dalam rangka Festival Kebudayaan Pesona Minahasa 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Minahasa,mulai dari pagi hari hingga sore, bertempat di Gedung Loji Tondano, Jumat (17/02) sukses digelar.

Sebanyak 38 peserta yang di utus oleh sekolah-sekolah disetiap Kecamatan Kabupaten Minahasa bersaing menunjukan kebolehan masing-masing dalam berpidato bahasa daerah (Minahasa) guna memperebutkan tropy dan uang tunai, dimana Juara I memperoleh Trophy Bupati Minahasa dan Uang Tunai Rp 3.000.000, Juara II memperoleh Trophy Wakil Bupati Minahasa dan Uang Tunai Rp 2.000.000, dan Juara III memperoleh Trophy Sekdakab Minahasa dan Uang Tunai Rp 1.000.000. Selain juga pemenang satu sampai tiga,ada juga kategori Juara Favorit dengan hadiah Handphone dan hadiah menarik lainnya.
Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Agustivo Tumundo dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas keikutsertaan peserta dari unsur Kecamatan mengikuti lomba ini. “Di era saat ini masih lebih mudah mencari peserta Lomba Pidato Bahasa Inggris daripada mencari peserta Lomba Pidato Bahasa Daerah” kata Tumundo.
Dikatakan Tumundo memang peserta lomba ini dibatasi peserta-nya dari unsur Kecamatan mengingat waktu pelaksanaan hanya satu hari, sehingga kalau dibuka umum dan peserta mencapai ratusan orang akan tidak mencukupi waktunya. “Dengan peserta merupakan perwakilan tiap Kecamatan, diyakini bahwa yang telah diutus oleh tiap Kecamatan ini adalah yang terbaik di Kecamatan tersebut” pungkasnya.
Menutup sambutannya, Tumundo berharap, melalui Lomba Pidato Bahasa Daerah ini akan menjadi salah satu cara dalam upaya kita bersama melestarikan kebudayaan Minahasa.
Dalam lomba ini,utusan Desa Watulaney,kecamatan Lembean Timur atas nama Adik Jonathan William Nelwan SMP Advend Watulaney menjadi Campion atau  juara satu. Kemudian juara dua utusan dari Kecamatan Langowan Timur atas nama Adik Josua Gabril Palar SMA 1 Langowan. Sedangkan juara tiga atasa nama Adik Magda juwita Runtuwarow SMA Negeri Kawangkoan utusan Desa Tondegesan, Kecamatan Kawangkoan Utara.(Angel

Angel Mendur 2/18/2017

Penulis: Angel Mendur

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama