.

.
» » Dukung Smart City, Pemkot Akan Bangun Taman Digital


RedaksiManado.Com - Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Cabang Banten menawarkan konsep Taman Digital kepada Pemkot Serang. Taman tersebut nantinya akan berfungsi sebagai pusat aktivitas jaringan berbasis internet yang diyakini akan memperkuat program pemkot yaitu smart city.
General Manager PT Telkom Cabang Banten, Muskab Muzzakar mengatakan, PT Telkom dan Pemkot Serang telah bersinergi untuk membangun daerah. Salah satunya adalah dengan pembangunan taman digital.
“Kami sepakat bersinergi, satu semangat, bekerja sama untuk membangun Kota Serang. Kami sedang mencari satu tempat untuk dijadikan Taman Digital. Dan dari penglihatan yang cocok dijadikan Taman Digital adalah Alun-alun,” ujar Muskab  Jumat 24 Februari 2017.
Ia menjelaskan dengan adanya taman digital, sebagai bentuk dukungan rencana Pemkot Serang untuk memperluas jaringan internet agar bisa dinikmati oleh masyarakat. "Pemkot Serang menyediakan tempat dan nanti kami menyediakan akses. Kami sudah izin ke Pak Wali (Hareul Jaman) untuk mendirikan tower mobile telekomunikasi," katanya.
Selain Alun-alun, pihak Telkom sendiri tengah mencari alternatif tempat lain. Muskab mengatakan tempat tersebut banyak dilalui orang dan menyediakan lahan parkir yang memadai.
"Kami berharap ada suatu tempat untuk bisa dijadikan Taman Digital yang bisa diakses ratusan orang disaat yang bersamaan. Kecepatannya mencapai 100 megabyte per detik," ujarnya.
Wakil Wali Kota Serang Sulhi Choir mengatakan program smart city sudah bisa diterapkan pada 2017. Untuk itu Pemkot Serang kini tengah mempersiapkan kebutuhan baik itu peralatan maupun sumber daya manusianya. "Kami targetkan tahun ini (2017) sudah berjalan, itu kenapa makannya kami mendirikan OPD (organisasi perangkat daerah) Komunikasi dan Informatika (Kominfo)," ujarnya. [TL]

Admin RMC 2/25/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama