.

.
» » Pemkot Tomohon Gelar Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Masyarakat Akan Nilai-nilai Luhur Budaya Bangsa

Tomohon,RedaksiManado.com~Bertempat di Terung Kabasaran, pada Rabu 2 Juni 2021, digelar sosialisasi peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa dengan tema pembumian pancasila.

Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE dalam sambutannya mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon menyambut baik di sertai rasa bangga atas pelaksanaan kegiatan ini, yang dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mempertebal patriotisme atau cinta terhadap tanah air.

"Ungkapan patriotisme atau cinta tanah air telah mengalami pergeseran makna sejalan dengan derasnya arus informasi dan desakan demokrasi. Dalam pengertian tersebut, bahwa patriotisme bukan lagi berperang dengan mengangkat senjata seperti pada masa perjuangan merebut kemerdekaan secara fisik. Patriotisme diartikan sebagai cinta tanah air, negara, dan bangsa dengan mengaktualisasikan, menjauhkan tindakan yang dapat merugikan persatuan dan solidaritas sesama anak bangsa,"kata Wawali Lumentut.

Wawali mengungkapkan, Pembumian Pancasila merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk mengembalikan dan menjadikan Pancasila sebagai pedoman dasar hidup masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Pembumian Pancasila diperlukan karena semakin melemahnya penghayatan terhadap nilai-nilai Pancasila akibat dari ketidakmampuan dalam mengatasi tantangan, dan untuk menyadarkan kembali tentang keberadaan nilai-nilai Pancasila yang sesungguhnya mungkin telah dilupakan. 

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program penguatan rasa kebangsaan bagi anak-anak negeri sebagai simbol perjuangan bangsa, sebagai pemicu jiwa militansi untuk menghalau segala upaya yang akan merusak rasa persatuan, kebersamaan di tengah-tengah keberagaman, dan tetap memupuk jiwa nasionalis untuk mencapai masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Hadir sebagai narasumber, Anggota DPD/MPR RI Ir. Stevanus B.A.N Liow, MAP, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, SE, Widyaiswara Badan Pendidikan & Pelatihan SDM Sulut Joachim Elias, SPd, MAP, Akademis Unima DR. Julien Biringan, MSi, & Kaban Kesbangpol Kota Tomohon Ronni Lumowa, S.Sos, MSi.

Peserta berasal dari Pimpinan Partai Politik Kota Tomohon, Pimpinan Ormas & OKP se-Kota Tomohon, Tokoh Masyarakat & Tokoh Agama.**(Abd)

EL 6/02/2021

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: