» » Minimalisir Pungli di Tomohon,Satgas Saber Gelar Rakor

Tomohon,RedaksiManado.Com~Untuk meminimalisir pungli yang ada di Kota Tomohon digelar Rakor Saber Pungli bertempat di Aula Polres Tomohon, pada Senin 23 September 2019,yang dihadiri Inspektur kota Jouke Karouw.

Rakor dibuka oleh ketua pelaksana Ibu Deesy Bolang yang juga adalah Wakapolres Tomohon.dalam rakor ini dievaluasi masing-masing Kelompok Kerja (Pokja), telah mengikuti konsultasi dan kajian di Irjen Kemendagri & Menkopolhukam menyangkut wilayah percontohan untuk kecamatan sebagai daerah bebas pungli.

Inspektur kota Tomohon menjelaskan yang berkaitan dengan tugas-tugas saber pungli, Tomohon yang terbaik dari segi penganggaran kegiatan, unsur-unsur yang ada telah sama dan menyatu dengan pusat.Meminimalisir pungli yang ada di Kota Tomohon dan untuk pokja-pokja, dan apabila ada informasi di pusat-pusat layanan masyarakat bisa kita bahas ke dalam rapat-rapat koordinasi,dan harus berorientasi pada pencegahan, daripada langsung ke penindakan,jelas Karouw.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo pada 20 Oktober 2016 telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, yang selanjutnya disebut Satgas Saber Pungli.“Satgas Saber Pungli berkedudukan di bawah bertanggung jawab kepada Presiden,” bunyi Pasal 1 ayat (2) Perpres ini.

Menurut Perpres ini, Satgas Saber Pungli mempunyai tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana, baik yang berada di kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah.

Diketahui sebagai Satgas memiliki wewenang membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar; melakukan pengumpulan data dan informasi dengan menggunakan teknologi informasi; mengkoordinasikan, merencanakan, dan melaksanakan operasi pemberatasan pungutan liar melakukan operasi tangkap tangan.Satgas Saber Pungli memberikan rekomendasi kepada kepala daerah untuk memberikan sanksi kepada pelaku pungli sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; memberikan rekomendasi pembentukan dan pelaksanaan tugas lain unit Saber Pungli di setiap instansi penyelenggara pelayanan publik kepada kepala daerah; dan melakukan Evaluasi pemberantasan pungutan liar.

Nantinya akan dilaksanakan sosialisasi dengan pemaparan materi.Para tim disaber pungli juga akan turun ke lapangan menindak lanjuti laporan yang ada. 

Rakor saber pungli tersebut dihadiri oleh pemkot Tomohon ,Polres, kejaksaan dan instansi terkait.**(Abd1809).

Elton RMC 9/24/2019

Penulis: Elton RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: