.

.
» » » Kerjasama dengan BPBD dan SatPol PP ,PWI Minsel Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana


Amurang, RedaksiManado.com --- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana di Kabupaten Minahasa Selatan dengan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Damkar Kabupaten Minahasa Selatan sebagai pemberi materi. Selasa(24/19)

" Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan mengapresiasi PWI Minsel yang sudah menginisiasi terlaksananya kegiatan ini. Lewat Sosialisai ini kami ingin menyampaikan kepada masyarakat terkait bahaya bencana, lebih khusus bencana kebakaran," Kata Palit Kasat Pol PP & Damkar Minsel

" Pentingnya peran masyarakat dalam membantu menanggulangi bencana, tidak hanya pemerintah namun ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Bagi warga yang kedapatan dengan sengaja membakar lahan sanksi hukumnya sangat berat," Jelasnya

Berdasarkan UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan.Pasal 78 ayat 3 berisi, pelaku pembakaran hutan dikenakan sanksi kurungan 15 tahun dan denda maksimal Rp 5 miliar.

BPBD Minsel yang diwakili Kepala Bidang Bencana  Steven Worotijan dalam paparannya mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi Tupoksi dari BPBD," Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana.BPBD sendiri tidak dapat bekerja sendiri dalam penanggulangan bencana. Oleh karna itu lewat kegiatan ini kami ingin memberi edukasi bagi masyarakat terkait penanggulangan bencana bersama," Paparnya.

Dalam kesempatan ini juga  pemerintah desa Sulu yakni Hukum Tua Donald Lamia mengucapkan terimakasih atas kegiatan sosialisasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakatnya. Khusunya bagi PWI , BPBD serta Sat Pol PP & Damkar Minsel.

Sementara ketua PWI Minsel Douglas Panit SIP dalam sambutannya mengatakan, ini sudah menjadi tugas PERS selain sebagai kontrol sosial, PERS juga berperan memberi edukasi bagi masyarakat lewat kegiatan-kegiatan seperti ini.

Sosialisasi Mitigasi Bencana Kab. Minahasa Selatan menghasilkan rekomendasi :
1. PWI Minsel bersama elemen bangsa lainnya akan menopang Pemerintah untuk meminimalisasi dampak bencana alam.
2. Menggalakan gerakan masyarakat cegah dampak bencana baik yang disebabkan oleh alam maupun oleh manusia.
3. Upaya peningkatan alat Pemadam Api Kab. Minahasa Selatan.
4. Merekomendasikan untuk pembahasan terkait alat pendeteksi tsunami kepada Pimpinan Daerah melalui BPBD Minsel.


(MaikelPalembatas)


RedaksiManado , 9/24/2019

Penulis: RedaksiManado

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: