» » Eman:Pembangunan Michinoeki Akan Mempertahankan Budaya Lokal di Kota Tomohon

Tomohon,RedaksiManado.Com~Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA bertatap muka langsung dengan Permerintah Kota Minamiboso Jepang, bertempat di Highland Resort Tomohon, Kamis 18/07/19.

Dalam pertemuan ini Walikota Tomohon dan Pemerintah Kota Minamiboso membahas Konten apa yang nantinya akan di isi, serta dalam waktu dekat menganalisa produk Kota Tomohon apa yang bisa di pasarkan dan tentunya punya dampak positif bagi perekonomian masyarakat Kota Tomohon, juga saling bertukar teknologi untuk nantinya di jadikan konten dalam Michi no Eki.Walikota berupaya membangun Michi no Eki dengan mempertahankan budaya lokal di Kota Tomohon.

Michi no Eki merupakan suatu konsep kerjasama pemerintah dengan swasta di mana masyarakat lokal dapat berperan secara independen dalam pengelolaannya, khususnya didaerah pinggiran dan perdesaan yang dilalui oleh jalan raya.Peran masyarakat antara lain dalam penyediaan layanan seperti restoran, stand yang menjual produk-produk lokal seperti produk pertanian, makanan tradisional, barang-barang kerajinan, barang kebutuhan pengendara selama dalam perjalanan dan lain-lain. 

Hal ini berarti bahwa Michi no Eki akan memberikan pengendara suatu pengalaman unik dan berciri khas lokal selama beristirahat, sementara disisi lain masyarakat lokal mendapatkan keuntungan komersial melalui penjualan produk.Michi no Eki menuntut keterlibatan dan peran serta aktif dari masyarakat setempat, sehingga diharapkan tujuan pemberdayaan masyarakat lokal dan penciptaan lapangan kerja baru dapat terwujud.

Michi no Eki bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap keselamatan dan kenyamanan di jalan, di lengkapi dengan media untuk mempromosikan produk-produk dan aktivitas lokal. Prinsip-prinsip dari Michi no Eki adalah menyediakan fasilitas untuk beristirahat (refresh), komunitas (community), dan pelayanan informasi (information).Perwakilan Pemerintah Kota Minamiboso akan datang kembali bulan november 2019 untuk membahas lebih rinci hal-hal teknis tentang pembangunan Michi no Eki, direncanakan peresmian Michi no Eki akan di rangkaikan dengan event TIFF 2020.

JICA (Japan International Cooperation Agency) adalah pemrakarsa dengan mengadopsi Michi no Eki di Kota Minamiboso Jepang.

Di Indonesia Michi no Eki akan ada di Kota Tomohon untuk yang pertama. Michi no Eki adalah kawasan semacam rest area tetapi lebih mirip PLAZA UMKM dilengkapi dengan gedung dengan berbagai fasilitas termasuk taman bunga dan tempat parkir. Michi no Eki sebuah konsep rest area yang menyediakan tempat beristirahat nyaman dan layanan berkualitas lainnya bagi pengguna jalan, dengan melibatkan peran serta masyarakat lokal.

Hadir dari Pemerintah Kota Minamiboso Mr. Keiji Ono (Kabag Pariwisata Promosi), Mr Fumio Kato selaku Manager Biwa Club, beserta rombongan, dari Pemerintah Kota Tomohon nampak Staff Ahli Walikota Ir Vonny Pontoh, MBA, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP dan Kepala Dinas Perkim Ir. Enos Pontororing.**(abd1307)

Artur Hansang 7/18/2019

Penulis: Artur Hansang

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: