.

.
» » Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Samrat 2019 Polres Bitung Dihadiri Forkopimda


Bitung, RedaksiManado.Com-Polres Bitung melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Ketupat Samrat 2019 dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Samrat 2019, Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah” apel tersebut di gelar Jalan Samratulangi depan Kantor Walikota Bitung, yang ditandai dengan penyamatan pita operasi oleh Kapolres Bitung AKBP Stefanus Michael Tamuntuan, SIK, M.Si, Danyon Marhanlan VIII Bitung  Letkol Marinir Nandang Permana Jaya, SE dan Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri, MM kepada sejumlah personel perwakilan, Selasa (28/05/2019).

Dalam sambutannya, Kapolres Bitung AKBP Stefanus Michael Tamuntuan, SIK, M.Si membacakan amanat Kapolri menegaskan Operasi Ketupat Tahun 2019, yang akan digelar selama 13 hari, mulai Rabu dini hari tanggal 29 Mei 2019, sampai dengan hari Senin tanggal 10 Juni 2019, memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi di tahun-tahun sebelumnya. Operasi Ketupat Tahun 2019 akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2019.


Hal tersebut membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan Operasi Ketupat Tahun 2019 semakin kompleks. Sejalan dengan hal tersebut, berbagai gangguan terhadap stabilitas kamtibmas berupa aksi serangan teror, baik kepada masyarakat maupun kepada personel dan markas Polri.

“Berbagai kejahatan yang meresahkan masyarakat, seperti pencurian, perampokan, penjambretan, begal, dan premanisme, aksi intoleransi dan kekerasan, seperti aksi sweeping oleh ormas, gangguan terhadap kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut dan udara, permasalahan terkait stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok dan bencana alam, tetap menjadi potensi kerawanan yang harus diantisipasi secara optimal dalam Operasi Ketupat Tahun 2019,” ungkapnya.


Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Bitung Ir.Maurits Mantiri yang juga menyematkan tanda operasi Ketupat Samrat tahun 2019 kepada tiga perwakilan perwira mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam rangka menyambut perayaan Idul Fitri 1440 H kerja sama antara Polri, Pemerintah Kota Bitung dan Instansi terkait.

"Pemerintah Kota Bitung sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini dan akan terus bersinergi bersama pihak kepolisian dan TNI dalam mewujudkan keamanan dan kenyamanan di Kota Bitung," ujar Mantiri.


Dalam kaitan tersebut, Apel Gelar Pasukan ini diselenggarakan secara serentak, mulai dari tingkat Markas Besar hingga ke Polres jajaran. Ada 2 tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel gelar pasukan ini :  
Pertama, apel gelar pasukan diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personel, peralatan, dan seluruh aspek operasi, termasuk sinergisitas dan soliditas komponen penyelenggara.
Kedua, apel gelar pasukan diselenggarakan dengan maksud untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat. (Ical)

Richardo Pangalerang 5/28/2019

Penulis: Richardo Pangalerang

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: