» »Unlabelled » Pemkot Tomohon Gelar Sosialisasi Strategi Pengawasan APIP

Tomohon,RedaksiManado.Com~Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak menghadiri Sosialisasi Mengenai Strategi Pengawasan Aparat Pengawas Internal Pemerintah(APIP) Dalam Rangka Pembangunan Kota Tomohon Tahun 2019 bertempat di ruang rapat Inspektorat Kota Tomohon, Rabu(19/12/2019).

Walikota Tomohon dalam sambutannya mengatakan, semakin meningkatnya tuntutan masyarakat atas penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, adil, transparan dan akuntabel harus disikapi dengan serius dan sistematis. Segenap jajaran penyelenggara negara baik eksekutif, legislatif dan yudikatif harus memiliki komitmen bersama untuk menegakkan good governance dan clean government.

APIP harus terus melakukan perubahan dalam menjalankan proses bisnis guna memberi nilai tambah bagi kementerian negara/lembaga dan penyelenggaraan pemerintah daerah. Hal ini sejalan dengan peran pengawasan intern untuk mendorong peningkatan efektivitas manajemen resiko, pengendalian dan tata kelola organisasi. APIP juga mempunyai tugas untuk melakukan pembinaan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) sebagaimana diamanatkan dalam PP No 60 tahun 2018 tentang sistem pengendalian intern pemerintah.

"Melalui kegiatan ini, saya berharap fungsi APIP dapat berjalan dengan baik dapat mencegah kecurangan, menghasilkan keluaran yang berharga untuk menjadi masukan bagi pihak auditor eksternal, eksekutif dan legislatif dalam memperbaiki pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah pada waktu yang akan datang. BPK dapat memanfaatkan hasil pengawasan APIP, mendukung manajemen pemerintah daerah dalam pelaksanaan rekomendasi BPK dan perbaikan sistem pengendalian internal. APIP yang profesional dan independen mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang dapat meningkatkan kewajaran laporan keuangan,"ujar Walikota.

Pemerintah Kota Tomohon memberikan dana yang besar untuk UPP Saber Pungli Kota Tomohon dan merupakan terbanyak di pemerintah Kabupaten/Kota se provinsi Sulawesi Utara, untuk itu mendapatkan apresiasi dari Irwasda  Polda Provinsi Sulawesi Utara Kombes Pol Hotman Simatupang. 

Tampak hadir Kajari Tomohon Edy Winarko SH MH bersama jajaran, Kapolres Tomohon diwakili oleh Wakapolres Tomohon Kompol Joyce Wowor SH selaku Ketua Saber Pungli Kota Tomohon bersama jajaran, Dandim 1302 Minahasa diwakili Perwira Penghubung Kota Tomohon Mayor Infanteri Fecky Welang bersama jajaran, Inspektur Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi dan jajaran pemerintah Kota Tomohon.**(abd)

Elthon Abud 12/20/2018

Penulis: Elthon Abud

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: