» » Dramatis, Jepang Lolos ke Babak 16 Besar karena Fair Play

RedaksiManado.Com -- Satu lagi drama tersaji dalam penyisihan grup piala dunia 2018 di Rusia, Timnas Jepang tetap lolos ke babak 16 besar meski kalah 0-1 dari Polandia pada laga pamungkas Grup H Piala Dunia 2018 di Volgograd Arena, Kamis (28/6).

Meski kalah dari Polandia, Jepang lolos secara dramatis berkat perhitungan fair play atau mengoleksi kartu kuning lebih sedikit dari Senegal yang juga mengemas poin dan jumlah gol yang sama. Jepang sejauh ini hanya mengoleksi empat kartu kuning sementara Senegal enam kartu kuning.
Sementara juara Grup H dihuni Kolombia yang berhasil mengalahkan Senegal 1-0 di laga terakhir. Dengan demikian Kolombia lolos ke fase gugur dengan catatan enam poin.
Polandia yang sudah dipastikan tersingkir dari peta persaingan fase grup tetap berjuang untuk meraih kemenangan perdana. Namun, serangan yang dibangun Robert Lewandowski dkk belum menunjukkan taji di babak pertama.

Justru Jepang yang sukses menciptakan tiga on target termasuk tembakan Takashi Usami di menit ke-35. Sementara Polandia hanya mampu menciptakan satu tembakan mengarah ke gawang lewat tandukam Kamil Grosicki.

Tempo permainan meningkat di awal babak kedua. Polandia akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-60 berkat gol sundulan Kamil Glik menyambut umpan tendangan bebas Rafal Kurzawa.

Unggul 1-0 membuat Polandia makin percaya diri. Tim Putih Merah bahkan menggandakan keunggulan di menit ke-73 andai tendangan Lewandowski tak melambung di atas mistar gawang Kawashima.

Jepang yang tertinggal satu gol malah justru tampil santai mengingat di laga Grup H lainnya Senegal sedang tertinggal 0-1 dari Kolombia. Sementara Polandia terus bekerja keras untuk memperlebar keunggulan.
Polandia bahkan nyaris mencetak gol kedua di menit ke-81. Kamil Growsicki melepaskan umpan silang rendah yang nyaris berbuah gol bunuh diri. Bola mengenai kaki Tomoaki Makino namun bola hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Jepang terus mengulur waktu seakan sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Sebab, Samurai Biru bisa lolos ke fase gugur berkat keunggulan fair play dari Senegal yang mengoleksi nilai yang sama.

Babak kedua usai dan skor 1-0 untuk keunggulan Polandia. Jepang finis sebagai runner up dengan koleksi empat poin atau unggul fair play atas Senegal. Sementara juara grup dihuni Kolombia yang mengemas enam poin.

Susunan Pemain

Jepang XI: Eiji Kawashima; Gotoku Sakai, Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Tomoaki Makino, Yuto Nagatomo; Yoshinori Muto, Hotaru Yamaguchi, Gaku Shibasaki, Takashi Usami; Shinji Okazaki.

Polandia XI: Lukasz Fabianski; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek, Artur Jedrzejczyk; Grzegorz Krychowiak, Jacek Goralski; Kamil Grosicki, Piotr Zielinski, Rafal Kurzawa; Robert Lewandowski. **(Red)

Redaksi manado 2017 6/29/2018

Penulis: Redaksi manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: