» » Mentu:Perencanaan Pembangunan Daerah Berorientasi Pada Empat Pendekatan

Tomohon,RedaksiManado.Com~Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak yang diwakili oleh Asisten Perekonomian Setda Kota Tomohon Max M. Mentu, SIP.MAP menghadiri sekaligus membuka kegiatan Penyusunan rencana kerja Perangkat Daerah (In House Training) yang dilaksanakan di Aula AAB Tomohon, 21/2/18.

Asisten II yang juga selaku narasumber membacakan sambutan WaliKota mengatakan bahwa perencanaan pembangunan daerah mengandung maksud dan tujuan untuk mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah.

Dalam pemaparannya Mentu mengatakan, tata cara perencanaan pembangunan daerah dilakukan dengan pendekatan perencanaan pembangunan daerah yang berorientasi pada empat proses pendekatan, yakni proses pendekatan teknokratik dengan menggunakan metode dan kerangka berpikir ilmiah untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan daerah, kemudian proses pendekatan partisipatif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, dan proses pendekatan politis yang dilaksanakan dengan menerjemahkan visi dan misi kepala daerah terpilih kedalam dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah yang dibahas bersama dengan DPRD, serta yang terakhir adalah proses pendekatan atas bawah dan bawah atas yang merupakan hasil perencanaan yang diselaraskan dalam musyawarah pembangunan yang dilaksanakan mulai dari desa, kecamatan, daerah kabupaten/kota, darah provinsi, hingga nasional.

Sementara itu Bagian Perekonomian Harny B. Korompis, SE sebelumnya diawal kegiatan dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah agar proses perencanaa, penganggaran, pelaksanaan program dan kegiatan dapat selaras dengan pencapaian visi misi tujuan dan sasaran pembangunan pemkot tomohon, dan agar penyusunan rencana kerja dapat terarah pada pencapaian hasil sesuai dengan rencana yang ditetapkan, serta menjadi bahan acuan untuk mengevaluasi bahkan sebagai bentuk pertanggungjawaban tugas pokok dan fungsi masing-masing bagian dilingkup sekretariat daerah kota tomohon.

Hadir juga dalam kegiatan ini Asisten Kesejahteraan Rakyat Drs. O.D.S Mandagi, dan selaku narasumber Inspektur Kota Tomohon Ir. Djouke Karouw, M.Si, Bapelitbang Prov. Sulut, Bapelitbang kota Tomohon dan para peserta para kabag, kasubag dan staf perutusan dari Bagian Setda Kota Tomohon.**(abd0902)

Elthon Abud 2/21/2018

Penulis: Elthon Abud

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: