.

.
» » » Kunker Komisi III DPRD Tomohon Ke Balikpapan, Terkait Menjadikan Sampah Energi Terbarukan

TOMOHON, RedaksiManado.Com — Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon mengadakan kunjungan kerja (kunker) ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, provinsi Kalimantan Timur, Rabu (01/11) 2017. Dengan Materi Pengelolaan Sampah menjadi Energi Baru Terbarukan. 

Rombongan kunker kali ini terdiri dari Ketua Komisi III Ladys Turang, SE di dampingi oleh Syenni Supit (Wakil), Erens Kereh, AMKL (sekretaris), Dortje Mandagi (anggota), didampingi juga kadis lingkungan hidup Drs.O.D.S.Mandagi dan kadis tenaga kerja kota Tomohon Jeane Bolang,SH dan di terima oleh sekretaris dinas Drs.Zulkifli.

Ketua Komisi III Ladys F. Turang yang memimpin rombongan tersebut mengungkapkan, tujuan kunjungan kerja ini untuk menjalankan program nawacita dari Presiden Joko Widodo, salah satunya mencipatakan energi terbaru yakni Energi Bio Gas. “Bio Gas ini adalah pengolahan Energi dari sampah-sampah atau kotoran ternak menjadi listrik atau gas,” 

Dalam kesempatan ini juga Rombongan mengunjungi TPA milik Pemkot Balikpapan yang sangat terkenal yaitu TPA Manggar yang berdiri di atas lahan seluas 49,89 hektar di jalan Proklamasi RT. 36. dan mengelola 347 ton sampah per hari.  Di TPA ini sampah sudah di kelola menjadi Gas metan (CH4) dan dapat digunakan masyarakat sekitar TPA untuk memasak krn sudah disalurkan kerumah warga. 

"Penggunaan gas metan dari daur ulang sampah organik memang sangat berpotesi untuk menggantikan peran elpiji dan minyak tanah sebagai energi terbarukan yang murah serta ramah lingkungan. Kini gas metan TPA Manggar telah disalurkan dan digunakan di 150 sambungan rumah yang berada di sekitar TPA Manggar." Ujar Erens Kereh, AMKL 

Kedepannya DPRD Tomohon dalam hal komisi III akan mendorong pemerintah kota Tomohon agar bisa mengolah sampah sama seperti di TPA Manggar dalam rangka peningkatan kesejahtraan masyarakat Tomohon terlebih masyarakat sekitar TPA" Tutup Politisi Partai Nasdem **(Nal01/11)


Admin RMC , 11/01/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: