.

.
» » » » » Asal Usul Telur Paskah

MANADO, RedaksiManado.Com -- Paskah dirayakan umat kristiani sebagai kebangkitan Yesus pada hari ketiga setelah disalibkan. Citra Paskah sendiri selalu dikaitkan dengan telur hias dan kelinci. Di Indonesia, Paskah kerap diasosiasikan dengan keriaan berburu telur hias. Biasanya, telur disembunyikan dan seusai beribadah subuh, telur-telur itu dicari oleh anak-anak.

Bagi penganut agama Kristen, telur Paskah berarti makam Yesus yang kosong dan, pada awalnya, dicat dengan warna merah sebagai simbol dari darah Yesus saat disalib.
Sejalan dengan waktu, telur Paskah ini pun mulai didekorasi dengan berbagai kreativitas. Bahkan, kini ada orang-orang yang menekuni seni menghias telur.

Telur paskah yang paling populer, seperti yang dilansir situr Mirror UK, desain terheboh telur Paskah pernah dilakukan oleh perancang perhiasan dari Rusia, Peter Carl Fabergé, yang menciptakan telur mewah sebagai hadiah bagi Tsars Alexander III dan Nicholas II.

Sedangkan cikal bakal tradisi berburu telur, menurut buku Festivals and Celebrations, berasal dari kebiasaan warga Mesir dan Persia kuno yang menghias telur dan ditukar di antara teman mereka.

“Orang Kristen Mesopotamia bisa dibilang menjadi pelopor tradisi membagikan telur sebagai peringatan kebangkitan Yesus,” tulis penulis buku Rowland Purton.
Selain itu, telur di berbagai negara dipercaya sebagai simbol kelahiran dan kebangkitan, dua simbol yang identik dengan pesan Paskah. Itu sebabnya saat gereja mulai merayakan kebangkitan Yesus pada abad kedua, telur pun jadi simbol paling populer. Telur juga mewakili musim semi dimana orang berhasil melewati masa dingin yang keras dan memulai kehidupan baru di musim yang baru.


Bicara soal telur Paskah, ternyata ada telur Paskah termahal lho girls! Terlur tersebut adalah karya seniman Prancis bernama Peter Carl Faberge, yang mana harga telur-telurnya lebih dari US$ 10 juta (Rp 132,6 miliar). Kenapa mahal? karena ia menghiasi telur-telurnya dengan berlian.***(IMK)

Redaksi Manado 2017 , , , 4/15/2017

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: