.

.
» » Percepat Transformasi Digital, FMIPA UNSRAT Gelar Pelatihan Bagi Aparat di Desa Darunu


MinahasaUtara,RedaksiManado.Com~Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado, dalam mempercepat transformasi digital, serta untuk penguatan peran dan kapasitas perangkat desa dalam bidang teknologi, menggelar Pelatihan Penggunaan Database Kependudukan dan Web Statistik Bagi Aparat Pemerintah.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas MIPA Jurusan Matematika ini mengusung tema "Pelatihan Penggunaan Database Kependudukan dan Web Statistik Bagi Aparat Pemerintah", digelar pada Selasa (8/11/22)di Desa Darunu Kecamatan Wori, Kabupaten Mianahasa Utara.

Ketua Jurusan Matematika Dr. Drs. Nelson Nainggolan, M.Si dalam sambutan pembukaannya menyatakan bahwa pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari tri darma perguruan tinggi sebagai penerapan bidang keilmuan dosen dan mahasiswa dalam memberikan solusi nyata terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat serta membangun jejaring dan kolaborasi berkelanjutan.

"Terimakasih kepada Kepala Desa karena telah mengijinkan dan menerima Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas MIPA Jurusan Matematika untuk melaksanakan pelatihan dan sosialisasi penggunaan website desa," ujar Dr. Nainggolan.


Senada dengan Ketua Jurusan, Kepala Desa Darunu Bapak Ruddy B. Jacobus, S.Pd mengatakan bahwa Pemerintah Desa perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang bergerak sangat cepat.


"Kami menerima dengan positif kegiatan pengabdian masyarakat ini dalam rangka peningkatan kapasitas perangkat desa dalam penguasaan teknologi sehingga Desa Darunu bisa bertransformasi menjadi desa digital",ungkapnya.

Kegiatan pelatihan dipimpin oleh Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Chriestie Montolalu, S.Si., M.Sc yang memaparkan pengenalan awal dan fitur-fitur utama sistem administrasi digital dan pengelolaan data desa  berbasis web.

Saat pemaparan,  Montotalu menekankan bahwa sistem administrasi digital ini mampu menyederhanakan alur birokrasi desa dalam rangka pelayanan publik yang optimal, efektif dan efisien.

"Reformasi birokrasi melalui digitalisasi Pelayanan publik akan mengakselerasi transformasi Desa Darunu menjadi desa digital".

Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan teknis yang dibawakan anggota tim sosialisasi yang beranggotakan Mahardika Takaendengan, M.Si, Rillya Arundaa, M.Kom dan Aditya Lapu Kalua, MCIS dari Program studi Sistem Informasi Fakultas MIPA UNSRAT.**(EL)

Elton 11/09/2022

Penulis: Elton

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: