.

.
» »Unlabelled » Grab & Gojek Dapat Pesaing Baru Di Bisnis Food Delivery

RedaksiManado.Com
- Indonesia menjadi surganya bisnis pesan antar makanan (Food Delivery berbasis aplikasi, terbukti dari torehan terbesar di Asia Tenggara sepanjang 2021 dalam hal nilai barang dagangan bruto atau gross merchandise value (GMV).

Mengutip data Momentum Works, dari total pasar layanan pesan antar makanan yang senilai Rp222,81 triliun (US$15,5 miliar) di Asia Tenggara pada 2021, sebesar Rp66,12 triliun (US$4,6 miliar) atau sekitar 29,67 persen berasal dari pasar Indonesia.

Layanan pesan antar Makanan (Food Delivery) semakin ramai. Setelah GoFood dan GrabFood, muncul sejumlah pesaing barunya dari Shopee, Traveloka, dan Air Asia.

GoFood dan Grab Food merupakan dua pemain lama di sektor layanan pesan antar makanan di Indonesia. Keduanya merupakan bagian dari raksasa ride hailing Gojek dan Grab.

Namun akhirnya bermunculan para pemain baru di sektor tersebut. Mulai dari Shopee Food, Traveloka Eats, dan Air Asia.

Air Asia jadi layanan terbaru yang hadir di Indonesia. Namun untuk saat ini, pengantaran makanan belum tersedia secara meluas namun baru untuk wilayah Tangerang saja.

Layanan antar makanan itu menjadi bagian dari aplikasi Air Asia yang bisa diinstall di Google Play Store dan App Store. Pengantaran makanan itu terdapat dalam fitur Food di dalam aplikasi."Yess! #airasiafood kini TELAH RESMI HADIR di Indonesia. Dimulai dari area Tangerang Raya, kalian bisa pesan makanan yang bikin #SuperisinglyPuas," tulis Air Asia Super App, dikutip Jumat (11/3/2022).

Karena baru tersedia di Tangerang, layanan tersebut tidak bisa digunakan di luar wilayah tersebut. Saat diklik muncul pemberitahuan layanan belum menjangkau area pengguna.

"Sepertinya kami belum menjangkau area Anda. Coba alamat lain untuk melihat apakah kami menjangkau lokasi tersebut," tulis pemberitahuan tersebut.

Sementara itu Shopee Food hadir di dalam aplikasi Shopee. Penggunaannya pun serupa dengan GoFood dan GrabFood, bahkan layanan ini sudah memiliki driver sendiri.

Untuk metode pembayaran, Shopee Food menghadirkan opsi dengan ShopeePay serta bayar di tempat.

Terakhir adalah Traveloka Eats. Pengguna dapat menggunakan layanan ini dengan masuk ke fitur Eats Delivery di dalam aplikasi.

Nanti akan ada pilihan makanan, dan saat mengirimkan makanan tinggal memasukkan alamat yang ingin dikirimkan. Untuk pembayaran, layanan ini menyediakan pembayaran seperti BRI Direct Debit, BCA OneKlik, dan Mandiri Direct Debit. **(Cb)

Admin RMC 3/11/2022

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: