.

.
» » PD Pasar Manado Libatkan Psikiater Dalam Assessment Calon Karyawan

Manado.RedaksiManado.com~PD Pasar Kota Manado dibawah kepemimpinan dr.Rolland Roeroe terus melakukan terobosan dalam hal sistem pengelolaan pasar, yang didalamnya ada karyawan sebagai motor penggerak. Dalam pengelolaan pasar tentunya memerlukan orang-orang yang bisa bekerja secara profesional dalam mewujudkan tujuan untuk meningkatkan income.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PD Pasar Manado melalukan perekrutan dengan  assesment terhadap calon karyawan yang akan bekerja di Perusahan Daerah ini. Setelah beberapa hari lalu menggelar assessment untuk top manajemen, kali ini seleksi terbuka untuk calon karyawan dilaksanakan di SMA Dua Manado pada Selasa(29/6/21).

Dihadapan peserta yang sangat antusias untuk mengikuti assessment,  Direktur Utama PD Pasar Kota Manado Dr Roland Roeroe mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangatlah  bersejarah bagi PD Pasar Kota Manado.

"Mengapa saya bilang ini bersejarah, karena baru kali ini PD Pasar melakukan assessment sejak pengelolaan awal yang dulunya masih di dinas Pasar. Siapa saja bisa mengikuti assessment ini, sehingga kami akan selektif memilih calon karyawan, yang dapat bekerja untuk mewujudkan pengelolaan pasar dengan profesional,"jelas Roeroe.

Kata Roeroe, dilakukannya assesment ini karena berdasarkan hasil audit internal dari manajemen yang sekarang maupun audit eksternal dari inspektorat Kota Manado, maka sudah ditetapkan PD Pasar Kota Manado dalam kondisi tidak sehat.

"Mengapa tidak sehat? karena setelah diaudit, besar pasak daripada tiang atau pengeluarannya sangat jauh melebihi dari batas-batas pengeluaran perusahaan. Dimana pengeluaran rutinnya jauh sekali dari pemasukan yang ada, sehingga ini yang menjadi  beberapa bulan gaji di jaman manajemen yang lalu atau tidak terbayarkan karena begitulah kondisi PD Pasar Kota Manado saat ini dimana keuangan  PD Pasar sangat sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Lanjut Roeroe, assessment ini adalah salah satu bagian dari restrukturisasi  dimana sudah ditetapkan bahwa dalam proses restrukturisasi sesuai dengan amanat undang-undang  Peraturan Pemerintah (PP) No 54 Tahun 2017 mengenai BUMN/BUMD bahwa reskstrukturisasi bisa dilaksanakan di perusahaan BUMD apabila perusahaan tidak sehat maka resktrukturisasi wajib dilaksanakan.

"Terkait hal ini, kami PD Pasar sudah menetapkan rekstrukturisasi yang terdiri dari 3 hal besar, pertama reorganisasi artinya mengorganisasi kembali struktur jabatan, tugas pokok dan fungsi dari karyawan, yang kedua rasionalisasi artinya menghitung kebutuhan perusahaan untuk karyawan. dan yang ketiga perlu diadakan revolusi mental untuk menata kembali integritas pengelolaan PD Pasar ini. Apa itu revolusi mental? Kita harus tahu cara berpikir kita yang sebenar-benarnya, tujuan, motivasi saya kerja di PD Pasar ini apa? Saudara-saudara mungkin dititip oleh beberapa orang bahkan orang hebat dan itu tidak masalah dan sah-sah saja atau normal-normal saja,"imbuhnya.

Roeroe juga mengingatkan jika nanti menjadi karyawan PD Pasar, sayangilah Kota Manado, sayangilah PD Pasar ini, pikirkan untuk kepentingan orang banyak, pikirkan untuk masyarakat karena saudara yang duduk disini masyarakat yang berikan gaji, jangan berpikir untuk diri sendiri, atau kepentingan kelompok. Dan saudara di tempatkan untuk kerja di PD Pasar mengikuti proses-proses kajian perusahaan profesional itu sudah pasti untuk mendukung visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr Richard Sualang yaitu menjadikan pasar yang profesional, untuk mendapatkan kenyamanan bagi pedagang dan pembeli dan itu adalah profesional.

Seperti diketahui, tim assessment, jika kemarin dari HIMPSI saat ini yang melakukan assessment adalah dokter-dokter dari bagian psikiater dari RS Prof Kandouw, yang dipimpin dr Anita Dundu untuk menguji kesehatan mental 900san calon karyawan PD Pasar Manado.**(Abd)

Elton RMC 6/29/2021

Penulis: Elton RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: