.

.
» » Walikota Tomohon Buka Rakor E-Database Secara Virtual

Tomohon,RedaksiManado.com~Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA membuka secara virtual Rapat Koordinasi Sistim Informasi Pembangunan Daerah (E-database)) Kota Tomohon tahun 2019, dari ruang kerja di rumah kediaman Walikota Kelurahan Paslaten, melalui Zoom meetings, pada Selasa 15 September.

Dalam prakatanya Walikota Tomohon mengatakan, di dalam informasi pembangunan daerah terdapat data perencanaan, analisis dan profil, serta informasi perencanaan pembangunan daerah, yang kini semuanya telah dituangkan ke dalam satu aplikasi berbasis web yaitu aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

"Informasi pembangunan merupakan wadah untuk mengumpulkan dan mengolah data/informasi pembangunan daerah. Selain itu, juga menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi dan pengelolaan data serta informasi pembangunan daerah antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Rapat koordinasi ini merupakan pertemuan yang memiliki arti penting dan strategis mengingat pentingnya akan keterisian data dan kualitas elemen data bagi peningkatan kinerja pembangunan daerah dan ketersediaan data dan informasi yang cepat, lengkap, akurat serta dapat dipertanggungjawabkan sebagai acuan dalam perumusan strategi, kebijakan dan program pembangunan,"kata Walikota.

Adapun maksud dilaksanakan nya Rakor tersebut adalah menyediakan data/informasi pemerintahan daerah meliputi informasi pembangunan daerah yang dikelola dalam suatu Sistem  Informasi (SIPD) berdasarkan Permendagri nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah.
Tujuan kegiatan ini adalah .
1. Meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah melalui penguatan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan;
2. Mengoptimalkan pengumpulan, pengisian, evaluasi serta pemanfaatan data dan informasi pembangunan daerah melalui sistem informasi pembangunan daerah.
3. Meningkatkan keterisian data dan informasi pembangunan daerah.

Narasumber yang tampil, Direktorat Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Harry Irawan, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc.Dihadiri Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Drs. Daniel Pontonuwu.Kegiatan ini diikuti peserta yakni ;
Tim kerja pengelola SIPD (E-database)
Kasubag perencanaan se-Kota Tomohon Para staf/operator aplikasi SIPD.**(Abd3608)

EL 9/15/2020

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: