» » Data Terbaru Covid-19 di Tomohon(13 April),ODP Terus Berkurang

Tomohon,RedaksiManado.Com~Pemerintah Kota Tomohon melalui juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid- 19 Yelly Potuh siang hari ini Senin 13/4 menginformasikan terkait data terbaru Covid-19.

Data terbaru penyebaran di kota Tomohon terkait Covid-19 terkonfirmasi adalah ,pelaku perjalanan berjumlah 1176 orang mengalami peningkatan 10 orang dari hari sebelumnya dan yang selesai dipantau 818 orang.Selanjutnya orang dalam pemantauan (ODP)41 orang terus berkurang dari dua hari sebelumnya 49 orang.Pasien dalam pengawasan (PDP) hari ini tercatat 4 orang dengan sebaran 2 orang Kecamatan Tomohon Tengah,dan 2 orang di Kecamatan Tomohon Selatan, saat ini keduanya sedang dirawat di rumah sakit .kemarin hari bertambah satu orang PDP dari Kecamatan Tomohon Selatan dan ini adalah kasus baru bukan hasil rapid  sebelumnya dan sudah dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil reaktif,kata Potuh.

Masih kata Potuh,pasien dalam pengawasan PDP meninggal menjadi 2 orang,setelah salah satu yang berasal dari Kecamatan Tomohon selatan pada pukul 16. 15 Wita minggu kemarin menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit Profesor Kandou Malalayang. Pasien berjenis kelamin perempuan berusia 38 tahun dan langsung dimakamkan kemarin dihari yang sama dengan hari kematian dengan menggunakan protokol pemakaman jenazah Covid 19,ujarnya.

Potuh menerangkan,sebelumya PDP tersebut masuk rumah sakit umum daerah Anugerah Tomohon pada tanggal 8 April 2020 dengan keluhan batuk dan sesak nafas. Kemudian oleh pihak RDUD kota Tomohon pasien dirujuk ke RS Prof Kandou pada hari itu juga. Keesokan harinya pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara memberikan notifikasi kepada Dinas Kesehatan kota Tomohon bahwa pasien tersebut berstatus PDP.Berdasarkan status PDP maka terhadap pasien diberlakukan penanganan pasien Covid-19 sesuai dengan protokol dan prosedur penanganannya,dengan status PDP ini maka pasien dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil non reaktif dan kemudian dilakukan juga Swab test.saat ini, sama dengan pasien meninggal sebelumnya masih menunggu hasil swab test dan berharap tentu hasilnya negatif .Pasien meninggal bukan yang ketambahan kemarin dari Kecamatan Tomohon Selatan.Sementara untuk jumlah tracking bertambah karena adanya PDP yang baru,hasil tracking  164 orang dan yang telah melalui pemeriksaan Rapid tes 119 orang dan sementara juga dilakukan proses Tracking untuk PDP yang baru.jelas Potuh melalui video rilis.

"Untuk Pasien yang terkonfirmasi positif masih tetap 2 orang 1 dirawat di rumah sakit dan 1 meninggal dunia,keduanya diketahui berasal dari Kecamatan Tomohon Tengah,"imbuhnya.

Pemerintah Kota Tomohon melalui jubir Potuh berharap kerjasama dari seluruh masyarakat yang sudah dihubungi yaitu mereka yang terdapat dalam tracking agar tetap tenang dan tidak panik juga kooperatif dan dengan sukarela mendaftarkan diri untuk diperiksa melalui pemeriksaan rapid test melalui dinas kesehatan ,nantinya akan diberikan jadwal pemeriksaan

Bagi yang telah menjalani pemeriksaan rapid test sekali lagi wajib isolasi Mandiri sambil memantau kesehatan secara mandiri, melaporkan kepada dinas kesehatan dan menunggu untuk pemeriksaan rapid test tahap yang kedua 10 hari setelah rapid tes yang pertama.**(Abd4903)

Elton RMC 4/13/2020

Penulis: Elton RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: