.

.
» » » 14 Manfaat Pisang Yang Harus Kamu Ketahui, dari Jantung Sehat Hingga Atasi Penuaan Dini

RMC - Buah menjadi salah satu makanan favorit untuk dikonsumsi karena banyak mengandung zat yang baik bagi tubuh. Konsumsi buah sangat dianjurkan sebagai penyeimbang asupan tubuh. Segudang manfaat bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah-buahan secara langsung, khususnya pisang yang mengandung gizi tinggi.

Buah pisang menjadi salah satu buah yang banyak digemari orang. Namun, di balik rasanya yang manis, pisang pun mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nutrisi yang terkandung di dalam pisang antara lain karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, potasium (kalium), dan magnesium.

Nutrisi yang banyak terkandung di dalam buah pisang tentu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi pisang, antara lain:

1. Jantung yang sehat

Mengonsumsi pisang bagus untuk menunjang kesehatan jantung Anda. Hal ini karena pisang mengandung potasium, yaitu elektrolit mineral yang membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh dan diperlukan dalam menjaga detak jantung Anda. Kandungan potasium dan sodium yang tinggi dari pisang juga dapat membantu melindungi sistem kerja jantung dan mencegah jantung dari penyakit kardiovaskular.

2. Terhindar dari penyakit kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang secara konsisten dapat melindungi tubuh dari kanker ginjal. Sebuah studi di Swedia pada 2005 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 75 porsi buah dan sayuran mengurangi risiko kanker ginjal hingga 40 persen, dan pisang menjadi buah yang bekerja sangat efektif.

Dari penelitian yang sama juga dikatakan bahwa wanita yang mengonsumsi 4 hingga 6 buah pisang dalam sepekan bisa mengurangi separuh risiko terkena kanker ginjal. Hal ini dapat terjadi karena tingginya kadar senyawa fenolik antioksidan dalam buah berwarna kuning ini.

3. Menurunkan risiko stroke
Pisang adalah buah yang mengandung kalium. Kalium yang terkandung dalam buah ini dapat membantu menurunkan risiko stroke. Terutama untuk wanita usia lanjut yang telah melewati masa menopause.

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa wanita pasca menopause yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan berkalium sama sekali.

4. Mencegah terkena diabetes
Menurut meta-analisis yang diterbitkan di Sleep Medicine Reviews, kurang tidur dapat berkontribusi pada diabetes gestasional. Namun, pisang dapat membantu mencegah risiko terkena gangguan kesehatan tersebut. Kandungan magnesium dan tryptophan pada pisang dapat membantu Anda untuk dapat beristirahat dengan baik di malam hari, sehingga terhindar dari risiko tersebut.

5. Menurunkan tekanan darah

Kalium yang terdapat dalam pisang ternyata berperan dalam mengelola tekanan darah yang sehat. Kalium membantu meredakan ketegangan di arteri dan vena, sehingga darah dapat mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Selain itu juga bisa memberi oksigen pada berbagai organ untuk meningkatkan fungsinya.

Konsumsi pisang secara rutin dapat membantu menurunkan risiko stroke dan serangan jantung, serta penyakit terkait lainnya. Serat dalam pisang juga berfungsi mengikis kelebihan kolesterol dari arteri dan pembuluh darah yang dapat menurunkan risiko darah tinggi.

6. Mengurangi risiko maag

Pisang dapat menjadi camilan sehat bagi penderita maag. Pisang merupakan antasida alami dan berfungsi menetralkan asam lambung. Pisang juga mengandung antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin, yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

7. Baik untuk memori dan meningkatkan mood

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, asam amino triptofan dan antioksidan seperti dopamin yang ada di dalam pisang berperan penting dalam meningkatkan suasana hati dan menjaga daya ingat.

Selain itu, magnesium yang terkandung di dalam pisang membantu mengendurkan otot dan vitamin B6 membantu Anda tidur nyenyak. Tidur malam yang baik sangat berperan dalam membangun mood di hari berikutnya.

8. Pencernaan sehat dan menurunkan berat badan
Pisang merupakan buah yang kaya akan serat yang bisa membantu melancarkan buang air besar (BAB). Satu buah pisang dapat menyediakan hampir 10 persen kebutuhan serat harian Anda. Selain itu, vitamin B6 di dalam pisang juga dapat membantu penurunan berat badan.

Secara umum, pisang adalah makanan penurun berat badan yang baik, karena rasanya manis dan mengenyangkan. Jika dijadikan camilan, pisang dapat membantu untuk menunda rasa lapar. Para peneliti bahkan menemukan bahwa pati resisten dalam pisang dapat mendukung kesehatan usus dan mengontrol gula darah.

9. Mengatasi penuaan dini
Kandungan vitamin C yang tinggi dan vitamin B6 yang terdapat pada pisang dapat membantu merawat kulit wajah. Mengonsumsi pisang secara rutin dapat mengurangi masalah wajah, antara lain penuaan dini yang ditandai dengan kulit kusam, muncul flek hitam, garis-garis halus atau keriput, dan kulit yang mengendur.

10. Memperkuat tulang
Menurut sebuah artikel di Journal of Physiology and Biochemistry, pisang mengandung banyak mengandung karbohidrat non-digestif penggerak priobiotik. Zat ini ramah terhadap pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Dengan makan pisang setiap hari, tulang akan menjadi lebih kuat.

Pisang juga membantu dalam peningkatan penyerapan kalsium. Kalsium merupakan unsur terpenting dalam produksi dan pertumbuhan kembali materi tulang di dalam tubuh. Ini mengurangi kemungkinan Anda terkena osteoporosis di masa depan.

11. Meredakan masalah menstruasi

Pisang, terutama bagian jantungnya, digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu meringankan gangguan selama menstruasi. Jantung pisang yang dimasak dapat membantu meredakan pendarahan yang menyakitkan dan berlebihan selama siklus menstruasi. Bagian dari pohon pisang ini juga diyakini dapat meringankan tekanan haid lainnya.

12. Mencerahkan kulit wajah

Selain mencegah penuaan dini, pisang juga dapat mencerahkan kulit wajah. Pisang dapat digunakan sebagai bahan masker wajah alami dan bisa dikombinasikan dengan bahan alami yang lain yang menutrisi wajah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu membuat dan mengaplikasikan masker alami berbahan dasar pisang secara rutin. Untuk jenis kulit yang berbeda, ada kombinasi berbeda yang digunakan.

Untuk kulit berminyak, campurkan 1 pisang yang sudah dilumatkan dengan perasan air lemon dan madu secukupnya. Adapun untuk kulit kering, campurkan 1 pisang tumbuk dengan alpukat serta minyak zaitun. Oleskan masker tersebut ke wajah Anda lalu diamkan selama 10 menit, kemudian bilas. Setelah dibilas, pasti wajah Anda akan terlihat lebih bercahaya dari sebelumnya.

13. Meningkatkan stamina olahraga
Mengonsumsi minuman olahraga memang dapat membantu menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang. Sayangnya, minuman jenis ini biasanya mengandung gula dan bahan buatan lainnya. Sebagai gantinya, Anda bisa makan buah pisang sebelum olahraga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pisang dapat dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Buah ini diketahui memberi manfaat yang lebih dari minuman olahraga biasa karena mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B-6 alami.

14. Meningkatkan kesehatan mata

Pisang mengandung antioksidan dan karotenoid serta mineral sehat lain yang dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Mengonsumsi pisang dapat mengurangi beberapa masalah kesehatan mata seperti degenerasi makula, katarak, rabun senja, dan glaukomatelah. [IMK]

Redaksi Manado 2017 , 2/28/2020

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: