.

.
» »Unlabelled » Wujudkan Michinoeki di Tomohon,Pemkot Gelar Seminar

Tomohon,RedaksiManado.Com~Pemerintah Kota Tomohon bersama Pemerintah Kota Minamiboso (Jepang),menggelar Seminar Strategi Pemasaran Michinoeki (Stasiun Jalan),bertempat di Hotel Villa Emitta Tomohon, Kamis 16/01/2020.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak,CA dalam sambutannya mengatakan Pembangunan infrastruktur jalan merupakan hal dasar yang dapat menghubungkan satu daerah dengan daerah lain dengan cepat dan mudah.Dengan semakin baiknya infrastruktur jalan maka diperlukan lokasi-lokasi yang dapat menjadi tempat peristirahatan yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas yang berkualitas,kata Eman.

"Peran pemerintah kota adalah menyiapkan sarana dan prasarana penunjangnya,sedangkan peran masyarakat antara lain dalam penyediaan layanan stand yang menjual produk-produk lokal seperti produk pertanian,makanan tradisional,kerajinan,barang kebutuhan pengendara selama dalam perjalanan dan lain-lain sebagainya.Konsep Michinoeki oleh Kota Minamiboso Jepang inilah yang kemudian kita adaptasikan untuk stasiun jalan Kota Tomohon yang memiliki potensi tanaman hias dan sayuran organik,"jelas Walikota.

Diketahui Stasiun jalan Kota Tomohon akan dibuat seperti kawasan rest area yang dilengkapi dengan gedung dengan berbagai fasilitas lainnya termasuk taman bunga dan area parkir yang memadai.Stasiun jalan ini nantinya akan memberikan pengendara dan pengunjung suatu pengalaman dengan ciri khas Kota Tomohon selama beristirahat berada di stasiun jalan,sementara disisi lain masyarakat mendapatkan keuntungan komersial melalui penjualan produk-produk unggulan.Dengan adanya stasiun jalan ini akan menuntut keterlibatan dan peran aktif dari masyarakat/stakeholder terkait,sehingga diharapkan tujuan pemberdayaan masyarakat dan penciptaan lapangan kerja baru dapat terwujud,yang tentunya akan berkontribusi positif terhadap perekonomian di Kota Tomohon. selain itu, dengan terbangunnya stasiun jalan, pemerintah Kota Tomohon menargetkan kenaikan pada produksi tanaman hias, sayuran organik serta jumlah wisatawan.

Menindaklanjuti kerjasama antara pemerintah Kota Tomohon dengan pemerintah Kota Minamiboso yang difasilitasi oleh Kementerian Pertanian dan JICA untuk pembangunan stasiun jalan/Michinoeki Kota Tomohon, pemerintah akan menkongkritkan pelaksanaan pembangunan stasiun jalan ini dan diharapkan dapat selesai tahun 2020 ini,pemerintah memohon dukungan dari masyarakat,untuk tempat sendiri akan berlokasi di Eks Pasar Bunga Kota Tomohon.

Sementara itu dalam pemaparan materi oleh tim Minamiboso menyampaikan bahwa dalam Michinoeki akan di bangun Rest (Hotel, Taman, Cafe, Spa), Mitigasi (Tempat Evakuasi), Pancaran Info (Pusat Informasi, Pameran), dan Koorporasi Daerah (Pasar, Penjualan Langsung, Koneksi Transport, Tempat Olahan, Restoran, Culture Fasility).Terdapat 1.100 Michinoeki di Jepang, 19 di Thailand, 20 di Vietman, dan nantinya untuk pertama kalinya di Indonesia yakni di Kota Tomohon.

Selama kunjungan tim Minamiboso,telah dianalisa dan dibahas bersama antara tim pemerintah Kota Tomohon dan Minamiboso terkait hal-hal penting dalam pelaksanaan pembangunan dan konten-konten dalam stasiun jalan Kota Tomohon.

Adapun perwakilan dari pemerintah Minamiboso (Jepang) Mr. Fumio Kato (Biwa Club/JICA), Ms. Michiko Takahashi (Coordinator Consultant), Mr. Tsujigaki (Architec Consultant), Ms. Hamada (Consultant), Mr. Shoda (Interior Consultant). Dari BAPPEDA Sulawesi Selatan DR. Rudy Djamaluddin bersama tim.

Hadir Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, SE.Peserta berasal dari Stakeholder, para Pemilik Usaha Ekonomi Kreatif, serta Jajaran Pejabat dilingkungan pemerintah Kota Tomohon,serta pelaku UMKM, Pemilik Tempat Wisata, Kelompok Tani dan Dinas Terkait.**(Abd0401)

EL 1/18/2020

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: