» » Eman:Dasar Pengembangan Kebudayaan Adalah Kearifan Lokal

Tomohon,RedaksiManado.Com~Pemkot Tomohon melalui Dinas Dikda Kota Tomohon bersama Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya melaksanakan seminar Nasional untuk membahas budaya lokal yang ada di kota tomohon sebagai upaya peningkatan kapasitas budaya lokal yang dimiliki oleh masyarakat kota Tomohon,bertempat di Wise Hotel pada Jumat 18/07.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, Se.Ak diwakili Sekretaris Daerah Ir. H.V. Lolowang, M.Sc saat membacakan sambutan mengatakan masyarakat Tomohon memiliki tradisi dan kearifan lokal budaya yang sangat kaya dan hidup. Kedua hal tersebut dapat menjadi dasar yang kuat untuk pengembangan kebudayaan.Kebudayaan harus dianggap sebagai asset penting yang berkontribusi terhadap pembangunan daerah,kata Lolowang.

“Masyarakat tomohon hanya dapat menjadi masyarakat yang besar apabila mampu mewujudnyatakan kebudayaan ke dalam pembangunan daerah.”ujar Lolowang.

Kebudayaan daerah menghadapi tantangan yaitu ketika kekuatan budaya lokal, kearifan lokal, nilai-nilai tradisional dianggap tidak lagi relevan hingga mulai diabaikan oleh pelaku budayanya.Diperlukan sebuah terobosan yang baru dari pelaku budaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal yang ada agar tidak terbawa arus globalisasi.

Hadir juga pada kegiatan ini kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr. Juliana D. Karwur, M.Kes. M.Si, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI DR. Madjmuddin Ramly, M.Si, para tokoh-tokoh pemerhati budaya dan akademisi di Kota Tomohon serta undangan.**(abd1807)

Artur Hansang 7/20/2019

Penulis: Artur Hansang

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: