» » Pemkot Tomohon Sosialisasikan Peran Ormas Dalam Menyukseskan Pemilu 2019

Tomohon,RedaksiManado.Com~Dalam rangka membangun wacana yang konstruktif menjelang Pemilu,serta menegaskan peran Ormas dan mendorong Ormas berperan aktif dalam meningkatkan kualitas demokrasi, ,Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Kesatuan Bangsa menggelar Kegiatan Sosialisasi Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Menyukseskan Pemilu Tahun 2019 yang dibuka oleh Walikota Tomohon Jimmy Feidy Eman,dilaksanakan di Aula Hotel Wise Tomohon, 2/4/19.

Dalam sambutannya, Walikota mengatakan bahwa Indonesia merupakan suatu negara besar yang kaya akan sumber daya alam serta memiliki keberagaman baik dari suku, adat istiadat, bahasa maupun agama. para founding fathers telah memilih istilah yang tepat untuk menggambarkan keberagaman masyarakat Indonesia tersebut, yaitu Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap Satu kesatuan,kata Walikota Eman.

"Pemerintah bersama ormas memiliki peran penting dalam mengawal pemilu dan mengajak masyarakat ormas untuk mengawal Pemilu 2019,Dengan demikian, target tingkat partisipasi pemilih sebanyak 77,5 persen bisa terwujud pada Pemilu 2019,ujar Walikota.

Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. 

Perkembangan jumlah Ormas yang begitu pesat, tidak diimbangi dengan pengaturan yang komprehensif, sehingga seringkali menyebabkan permasalahan baik dari segi legalitas, akuntabilitas, fasilitas pelayanan, pemberdayaan hingga masalah dalam penegakan hukum. 

Sementara itu Kaban Kesbangpol Kota Tomohon Ronny Lumowa, S.Sos, M.Si mengatakan Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka penyamaan persepsi antara Pemerintah, Pemerintah Daerah dan Ormas dalam rangka meningkatkan koordinasi, sinergitas serta peran Ormas dalam mencegah penyebaran hoaks dan radikalisme menghadapi Pemilu serentak tahun 2019,"ujar Lumowa dalam laporannya.

Organisasi Masyarakat senantiasa hadir dan memberikan kontribusi besar dalam pembangunan dan menjaga kedaulatan bangsa dan negara. Oleh sebab itu, patut dicatat dalam sejarah keberadaan Ormas pada bangsa dan negara. 

Selaku narasumber pada kegiatan ini, Kepala Ombudsman RI perwakilan Sulut Helda Tirajoh, Sh, unsur Forkopimda Tomohon Ketua DPRD Tomohon Ir. Miky J.L Wenur, MAP,mewakili Dandim 1302 Danramil Tomohon Kapten Inf. Sulistio, Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor mewakili Kapolres Tomohon, mewakili Kejari Kasie Intel Wilke Rabeta, SH, dari Akademisi Bpk. Ferry Liando. Kegiatan ini juga dihadiri oleh anggota DPRD Tomohon Piet H.K Pungus, S.Pd, Kaban Kesbangpol Tomohon Ronny Lumowa, S.Sos, M.Si, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan LSM di Kota Tomhon.**(abd2903)

RedaksiManado.Com 4/02/2019

Penulis: RedaksiManado.Com

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: