» » Dilihat dari Urutan Kelahiran, Ini Kepribadian Anak Sulung Hingga Anak Tunggal

TOMOHON, RedaksiManado.Com - Pada dasarnya setiap orang memiliki kepribadian masing-masing yang tak pernah sama antara satu dengan lainnya. Kepribadian sendiri bisa dilihat dari banyak hal. Mulai dari makanan kesukaan, lingkungan tempat tinggal, gaya busana kesukaan hingga urutan kelahiran.

Banyak yang bilang bahwa anak sulung atau anak pertama adalah anak yang mandiri, dewasa dan mampu berlaku bijaksana. Sebalinya, anak bungsu atau terakhir dikenal sebagai anak yang sangat manja dan baper. Benarkah seperti itu? Seorang ahli psikoterapi yakni Alfred Adler (1870 - 1937) menemukan bahwa urutan kelahiran memang bisa berpengaruh besar terhadap kepribadian seseorang.

Anak Sulung
Umumnya anak sulung memiliki karakter pribadi yang selalu bisa diandalkan, bertanggung jawab, hati-hati, mendominasi, mengejar prestasi dan penuh kesadaran untuk berbuat baik. Ia juga cukup mudah dikendalikan emosinya. Anak sulung juga merupakan pribadi yang tegas dan pantang menyerah dalam meraih cita-cita. Meski begitu, tidak jarang ia akan merasa kesepian dan tertekan karena sering dijadikan panutan buat adik-adiknya.

Anak Tengah
Anak tengah memiliki kepribadian yang menyenangkan, ia pandai mengatur emosinya, ia ceria, mengusahakan bisa berdamai dengan kakak dan adiknya, lebih suka pada hidup yang bebas konflik, lebih peka dan memiliki kehidupan sosial yang lebih luas. Anak tengah sangat mudah berteman dan bersahabat dengan orang lain. Saking bebasnya, tidak jarang ia terkadang tak sadar jika telah melukai orang lain.

Anak Bungsu
Para ahli percaya jika anak bungsu adalah anak yang menyenangkan, penuh keceriaan, sedikit manja, lebih memikirkan diri sendiri dibandingkan orang lain, tidak rumit, santai dan kreatif. Anak bungsu umumnya juga memiliki perasaan yang lebih tenang, sabar dan penuh kasih sayang. Itu karena kemungkinan besar ia mendapat curahan kasih sayang lebih besar dari orangtua jika dibandingkan dengan kakak-kakaknya.

Anak Tunggal

Anak tunggal adalah pribadi yang suka menjadi pusat perhatian, perfeksionis, apa yang diinginkan harus didapatkan, lebih dewasa dari anak-anak seusianya dan terkadang bersikap semuanya sendiri. Meski begitu, tidak sedikit anak tunggal yang merasa kesepian dan tidak bisa mengontrol emosinya. Ia juga cenderung sulit bersosialiasi serta menerima kehadiran orang baru di hidupnya.

Itulah beberapa kepribadian seseorang jika dilihat dari urutan kelahiran. Meski begitu Sahabat Fimela, tidak semua orang dengan urutan kelahiran di atas memiliki kepribadian yang sama persis. Selain urutan kelahiran, masih ada banyak hal lain yang bisa menentukan kepribadian seseorang. **(Nal)

Redaksi manado 2017 3/09/2019

Penulis: Redaksi manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: