» » 10 Cara Murah Menghilangkan Bau Sepatu dan Kaki

RedaksiManado.Com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa alas kaki dikenakan manusia untuk melindungi kaki dari material berbahaya agar tidak terluka. Selain itu, alas kaki juga bermanfaat untuk menjaga kaki dari sengatan panas matahari ataupun udara yang dingin.


Di Indonesia sendiri, orang-orang mengenakan alas kaki, khususnya sepatu untuk menghadiri acara atau keperluan formal. Misalnya, saat pergi ke kantor, ke sekolah, ke kampus, ataupun saat bertemu dengan orang yang dihormati.

Namun, apa jadinya jika sepatu yang dikenakan justru mengeluarkan bau tidak sedap? Padahal, tujuan mengenakan sepatu adalah untuk tampil sopan dan menghargai seseorang. Alhasil, alih-alih tampil sopan, seseorang yang sepatunya bau justru akan mempermalukan diri sendiri dan juga membuat orang lain sebal.

Penyebab Bau Sepatu

Penyebab bau tidak sedap ini biasanya ditimbulkan oleh keringat yang dikeluarkan kaki. Meskipun sudah dicuci, bau ini kadang tidak hilang sepenuhnya. Setelahnya, bakteri pada kulit akan tubuh dan memakan keringat. Semakin banyak keringat yang dihasilkan oleh kaki, maka bakteri akan semakin berkembang dikarenakan keringat menjadi penyuplai makanannya. 

Jika dibiarkan terus menerus, sepatu yang bau akan berdampak buruk pada penggunanya. Selain dijauhi oleh orang-orang sekitar, bau sepatu mungkin akan merangsang penyakit kesehatan lain seperti jamur pada kaki. 

Untuk itu, berikut sajikan cara menghilangkan bau sepatu untuk membasmi bakteri jahat seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, 

1. Cuka 
Cuka dengan kadar asam yang tinggi juga efektif untuk membunuh kuman penyebab bau pada kaki. Caranya adalah dengan mencampur gelas cuka dengan 1 baskom air lalu rendam kaki selama 15 menit. Agar mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan cara ini rutin sekali seminggu. Namun, pastikan tidak ada luka terbuka di area kaki sebelum berendam. 

2. Kantung Teh 
Selain untuk diminum, kantung teh juga dapat digunakan untuk membersihkan kaki. Pilih teh dengan aroma yang tajam. Misalnya teh melati. Cukup gunakan dua kantung teh, lalu rebus dengan satu liter air selama 15 menit. Setelah itu tambahkan 2 liter air dingin dan tuangkan dalam bak atau mangkuk besar. 

Rendam kaki selama 30 menit dan lakukan hal ini setiap satu kali seminggu. Asam yang dihasilkan dari kantung teh berguna untuk menutup pori-pori pada kaki sehingga bantu mengurangi jumlah keringat pada kaki. 

3. Garam 
Selain sebagai bumbu dapur yang ajaib, garam ternyata punya banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya yaitu sebagai alternatif penghilang bau kaki yang menyebabkan sepatu bau. 

Garam bisa mengurangi kelembapan pada kaki dan juga membasmi bakteri penyebab bau kaki. Caranya pun sangat mudah. Campurkan garam dengan 1 baskom air hangat lalu rendam kaki selama 20 menit. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang lebih awet.

4. Kopi 
Kopi memang biasa dikonsumsi sebagai minuman penghilang kantuk. Namun tidak hanya itu saja, kopi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu yang efektif. Pertama, pastikan sepatu dalam keadaan bersih dan kering. Masukkan bubuk kopi ke dalam sepatu yang telah dibungkus tisu. 

Selain menggunakan tisu, kamu juga bisa membungkus kopi menggunakan kaos kaki yang sudah tidak terpakai. Diamkan bubuk kopi semalaman agar memberi hasil yang maksimal pada sepatu kamu. 

5. Baking Soda 
Selain digunakan untuk bahan campuran pembuatan kue, baking soda juga dapat kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan bau sepatu. Hal ini dikarenakan baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap bau yang tidak sedap. 

Caranya cukup mudah, taburkan baking soda ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalaman. Lalu keesokan harinya, bersihkan baking soda di dalam sepatu kamu dengan menggunakan sikat. 

6. Minyak Atsiri 
Minyak atsiri adalah minyak esensial yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar. Cara menghilangkan bau sepatu dengan minyak ini adalah dengan memberi tetesan minyak atsiri secukupnya ke dalam sepatu. 

Tambahkan beberapa lembar kertas ke dalam sepatu untuk mengunci bau minyak atsiri. Diamkan semalaman. Lalu, keluarkan kertas pada pagi harinya. 

7. Koran Bekas 
Koran bekas bisa menjadi media yang dapat menyerap bau tidak sedap pada sepatu. Caranya, pastikan sepatu dalam keadaan kering. Ambil koran bekas secukupnya, kira-kira cukup untuk membungkus sepatu. Bungkus seluruh permukaan sepatu dengan rapat dan rapi. 

Terakhir, simpan sepatu yang sudah dibungkus tadi di tempat yang agak dingin selama semalam atau lebih hingga bau pada sepatu terserap dengan sempurna oleh koran pembungkusnya. 

8. Spiritus 
Spiritus dapat kamu temukan di toko khusus yang menjual bahan kimia. Caranya, campurkan spiritus dengan air, lalu semprotkan ke bagian dalam sepatu. Dengan cairan yang dikandung spiritus, bakteri penyebab bau akan mati.

9. Masukkan Sepatu ke dalam Kulkas 
Cara yang berikut ini mungkin terdengar aneh dan konyol. Namun, sepatu yang dimasukkan ke dalam kulkas atau lemari es akan menghilangkan bau yang tidak sedap. Tapi pastikan orang-orang rumah mengizinkanmu melakukan cara ini. Kamu juga bisa membungkus sepatumu dengan kantong plastik sebelum dimasukkan. 

10. Kenakan Kaos Kaki 
Nah, untuk cara yang terakhir ini, kamu diwajibkan untuk mengenakan kaos kaki. Pasalnya, kaos kaki bisa menyerap keringat yang dihasilkan telapak kakimu. Namun, sering-seringlah mengganti kaos kaki. Jika kamu jarang mengganti kaos kaki, sepatumu akan tetap mengeluarkan bau tidak sedap karena kaos kaki telah menampung banyak bakteri kaki. **(Red)

Redaksi Manado.Com 3/09/2019

Penulis: Redaksi Manado.Com

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: