.

.
» » Walikota JF Eman:Pemberian Bantuan Dapat Meningkatkan Produksi dan Kesejahteraan IKM

Tomohon,RedaksiManado.Com~Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemerintah kota Tomohon menggelar kegiatan Fasilitasi bagi Industri Kecil dan Menengah Terhadap Pemanfaatan Sumber Daya (Pelatihan Pemanfaatan Limbah kayu) Tahun 2018.kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak sekaligus membuka kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Rog’s Café Tomohon, 27/11/18.
       
Dalam sambutannya Walikota Tomohon mengatakan bahwa
Pemerintah kota Tomohon melakukan pengembangan IKM yang berada di Tomohon salah satunya melalui kegiatan pembinaan kemampuan teknologi industri dalam bentuk pelatihan pembuatan souvenir berbahan dasar limbah kayu. Industri rumah kayu / rumah panggung merupakan salah satu agroindustri di sulawesi utara yang prospek pengembangannya tampak menjanjikan karena berbagai keunggulan yang dimilikinya seperti harga yang relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat, sistem konstruksi knock down yang memudahkan bongkar pasang,ujar Walikota.

Sesuai amanat undang-undang nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian pasal 72 ayat 1, pemerintah dan/atau pemerintah daerah melakukan pembangunan dan pemberdayaan industri kecil dan industri menengah  yang berdaya saing, berperan signifikan dalam penguatan struktur industri nasional, berperan dalam pengentasan kemiskinan melalui perluasan kesempatan kerja dan menghasilkan barang/jasa industri untuk diekspor.

“Perkembangan IKM dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Keberadaan IKM tersebar di seluruh wilayah kota Tomohon sehingga terdapat potensi yang besar dalam penyerapan tenaga kerja.” kata Walikota JFE.

Ditambahkannya, pemberian bantuan peralatan ini  tujuannya adalah untuk mengangkat kemampuan ekonomi para pelaku usaha kecil menengah dan juga agar produksi usaha dapat berhasil dengan baik.
“Dengan pemberian bantuan peralatan ini kiranya akan terjadi derajat peningkatan ekonomi para pelaku usaha dan produk produk yang dihasilkan dapat mampu bersaing tidak hanya di Sulut namun sampai tingkat nasional maupun internasional.” kunci Walikota

Usai sambutan, Walikota menyerahkan bantuan peralatan kerja bagi 5 kelompok pengrajin kerajinan limbah kayu di kota Tomohon.

Sebelumnya, Kadis Perdagangan dan Perindustrian R.A Lengkong, S.STP dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan pengusaha industry kerajinan limbah kayu di kota Tomohon dalam bidang mutu, desain, produk agar mampu menambah nilai jual serta meningkatkan kesejahteraan IKM kerajinan Limbah kayu kota Tomohon.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Perekonomian Setda Kota Tomohon Max.M Mentu, S.IP.MAP, serta para kelompok tani pengrajin kayu se-kota Tomohon.**(abd2311)

EL 11/27/2018

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: