.

.
» » Mentu Serahkan Simbolis Sertifikat PTSL dari BPN Tahun Anggaran 2017 Kepada Masyarakat di Kota Tomohon.

Tomohon,RedaksiManado.Com~Asisten Perekonomian Setda Kota Tomohon Max M. Mentu, M.Si mewakili Walikota  menghadiri acara Penyerahan Simbolis Sertifikat Pendataan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2017 di kota Tomohon.

Walikota dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II mengatakan bahwa sangat mengapresiasi program dari pemerintah pusat ini karena merupakan program yang sangat baik, dimana sangat menguntungkan bagi pemerintah dan warga masyarakat. 

“Lewat program ini, bagi yang belum memiliki bukti kepemilikan tanah dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat sertifikat tanah. Adapun regulasinya yang telah ditetapkan mengenai administrasi, yaitu untuk pengurusan di kelurahan yang nominalnya telah ditentukan dan disamaratakan bagi setiap kelurahan, jadi tidak ada tindakan pungli atau oknum-oknum yang menyalahgunakan program ini untuk meminta biaya yang tinggi atau yang tidak wajar dalam pengurusan sertifikat karena sudah jelas di sosialisasikan dan diinformasikan sejak tahun yang lalu sebelum program ini dijalankan.” ujar Mentu. 

Program PTSL merupakan langkah strategis dalam mendukung proses pelayanan pada masyarakat. PTSL adalah program dari Presiden Joko Widodo kepada badan pertanahan nasional (BPN) melalui program nawacita Presiden Dan Wakil Presiden RI.

Memiliki sertifikat tanah tentu sangat berharga, setidaknya ada kejelasan status dari tanah yang dimiliki lewat sertifikat tersebut. Banyak permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat yang diakibatkan karena masalah tanah, dimana tidak ada kejelasan status dari tanah yang disengketakan atau tanah tersebut tidak memiliki surat-surat yang jelas sehingga dapat menyebabkan beberapa hal yang dapat merugikan baik yang terlibat masalah maupun warga sekitar dan ujung-ujungnya terjadi perpecahan dalam kehidupan bermasyarakat,  bahkan  yang paling disayangkan ada yang masih berhubungan keluarga namun terpecah karena masalah tanah,ujar mentu menjelaskan.

“Saya mengucapkan selamat kepada pihak Kantor Pertanahan Nasional Kota Tomohon yang dapat menyelenggarakan acara ini dan bisa menyelesaikan proses penerbitan sertifikat PTSL mulai dari pendataan, pengumpulan berkas, pengukuran tanah, sampai pada tahap penerbitan sertifikat dan juga dibantu oleh aparatur pemerintahan di kelurahan yang selalu proaktif menopang demi suksesnya program ini, sehingga pada kesempatan yang baik ini telah diserahkan 100 sertifikat tanah secara simbolis bagi perutusan dari setiap kelurahan yang ada di kota Tomohon.” Tambahnya.

Hadir juga dalam kegiatan ini Asisten I Drs. O.D.S Mandagi, kepala kantor BPN Tomohon Bpk. Christianto Bulamei, SH, Kepala kantor Wilayah badan Pertanahan Sulut Bpk. Freddy kalintama, ST, M.Si, para camat dan lurah se-kota Tomohon serta para peserta penerima sertifikat.**(abd2302)

EL 2/26/2018

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: