.

.
» » » 7 Keajaiban Bawah Air Terindah di Dunia Luar

RedaksiManado.Com - Bumi yang tercipta sejak dahulu ternyata mempunyai berbagai keajaiban yang sungguh menakjubkan. mungkin kita tidak pernah menyangka kehidupan bawah laut yang begitu indah dan mempesona seperti 7 kehidupan terindah dibawah laut ini
 
Great Barrier Reef 

Great Barrier Reef  Photo credit: CNN/David Doubilet - Shutterstock
Konon Great Barrier Reef adalah satu-satunya organisme kolektif yang bisa dilihat dari orbit bumi. Letaknya di pantai timur laut Australia. Area ini merupakan ekosistem karang terbesar di planet bumi.

Kawasan Great Barrier Reef meliputi sekitar 9.000 pulau yang sebagian besar dikelilingi oleh 2.800 terumbu karang yang menempati area seluas 344.400 kilometer persegi. Setiap karang individu memiliki ukuran antara 1 sampai 10 000 hektar.

Di sini bisa ditemukan nyaris semua spesies karang yang ada di dunia. Begitu juga dengan berbagai spesies hewan dan tanaman laut. Ada sekitar 400 spesies karang, 1.500 spesies ikan, 4.000 jenis moluska, serta mamalia dan reptil yang terancam punah seperti penyu hijau atau dugong. Perairan Great Barrier Reef bagaikan taman laut dengan koleksi biota terlengkap dan paling penuh warna. Tak heran kalau tempat ini populer sebagai lokasi scuba diving.

Belize Barrier Reef

Photo: ThingLink.com - Pinterest
Belize Barrier Reef adalah jaringan terumbu karang menakjubkan yang berada di lepas pantai Karibia Atlantik Belize. Belize Barrier Reef adalah jaringan terumbu karang terbesar di belahan bumi barat dan terbesar kedua di dunia. Sistem terumbu karang ini meliputi terumbu karang seluas 260 kilometer Mesoamerican Barrier Reef System. Tersusun atas formasi karang indah, jutaan ikan, dan berbagai invertebrata unik. Karena keindahan bawah air dan ekosistemnya yang menakjubkan, Belize Barrier Reef dianggap sebagai salah satu keajaiban bawah laut dunia.

Salah satu titik terindah dari Belize Reef Barrier adalah Lighthouse Reef. Di sinilah Belize Blue Hole yang terkenal itu berada. Lubang bawah air dengan diameter 305 meter dan kedalaman 122 meter itu merupakan salah satu lokasi penyelaman populer di Belize. Ada juga Glover's Reef dan Emerald Forest yang tak kalah indah.

Palau 

Photo: Lonely Planet - Mandy Etpison
Kembaran Raja Ampat ini merupakan salah satu lokasi penyelaman terindah di dunia. Berlokasi di Mikronesia, memanjang sejauh 800 kilometer hingga perairan Filipina. Meliputi 343 pulau tropis yang cantik dan berlimpah kekayaan alam.

Jaringan terumbu karang di Palau terbentuk 2 juta tahun yang lalu. Keanekaragaman hayati di lautan Palau bisa dinikmati dengan mata telanjang hingga kedalaman 61 meter.

Beberapa titik yang paling terkenal di Palau antara lain Blue Corner dan Rock Islands. Selain itu Palau juga memiliki danau unik yang dihuni jutaan ubur-ubur tak bersengat.


Deep Sea Vents 
Photo  Dream- David Fleetham
Deep sea vents atau ventilasi laut dalam juga dikenal sebagai ventilasi hidrotermal. Berupa cerobong-cerobong di dasar laut yang menyemburkan air panas layaknya geyser. Ada beberapa zona deep zea vents yang ada di muka bumi. Salah satu yang paling banyak dipelajari adalah ventilasi laut dalam di bagian timur Kepulauan Galapagos.

Ventilasi hidrotermal biasanya terbentuk ddi antara dua lempeng tektonik divergen. Keadaan ini menciptakan energi panas bumi masif, menyemburkan air laut yang dikeluarkan dengan tekanan dan suhu tinggi. Kadang semburan airnya berwarna kelabu pekat seperti asap, sehingga disebut black smoker.

Satu lagi keistimewaan deep sea vents adalah kemampuannya untuk menopang ekosistem tanpa sinar matahari yang terbentuk di sekitarnya. Energi yang dihasilkan oleh cerobong-cerobong ini merupakan makanan utama bagi bakteri tirosfetik. Bakteri ini kemudian menjadi makanan utama bagi spesies hewan dan tumbuhan di laut dalam.


Kepulauan Galapagos 
Photo  Dream- David Fleetham
Kepulauan Galapagos terkenal berkat ilmuwan Charles Darwin yang mengunjungi pulau-pulau di sana pada abad 19. Namun tanpa kehadiran Teori Evolusi Darwin pun Galapagos tetap kepulauan yang menakjubkan.

Galapagos adalah rumah bagi beberapa satwa liar yang paling mengesankan di dunia. Galapagos adalah rumah dari beragam spesies endemik seperti singa laut, penguin lokal, kura-kura Galapagos, kura-kura hijau Galapagos, lumba-lumba, burung tekukur vampir, Iguana laut, kadal lava, paus, dan hiu. Tanaman Galapagos Scalesia endemik, pohon pakis, bromelia, dan anggrek juga menjadi ciri khas Galapagos. Masih ada pula burung-burung unik yang sulit ditemui di tempat lain.

Selain itu Galapagos nyaris tak tersentuh manusia. Sehingga keindahan alamnya senantiasa terjaga selama ribuan tahun.

Danau Baikal
Photo credit: Kristina Makeeva
Danau Baikal yang ada di Siberia merupakan danau tertua, terdalam, dan terjernih di dunia. Sebagian cadangan air bersih bumi berasal dari sini. Selain dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia, Baikal juga menjadi bagian Situs Warisan Dunia UNESCO.

Danau berusia 25 juta tahun ini memiliki kedalaman hingga 1.642 meter. Saat musim dingin, permukaan airnya membeku dan menjadikannya objek wisata populer bagi wisatawan. Bahkan di saat seperti ini pun, Danau Baikal terlihat menakjubkan. Wisatawan bisa melihat ikan-ikan dan tanaman air yang hidup di bawahnya hingga kedalaman 40 meter.

Laut Merah Utara
Photo credit: Original Diving
Bagian utara Laut Merah disebut-sebut sebagai surga bawah air, salah satu tempat terindah di muka bumi. Bahkan ada pula yang menyebutnya taman Eden di bawah air.

Laut Merah utara berupa selat berukuran sekitar 1900 kilometer dengan kedalaman sekitar 500 meter. Airnya terkadang berubah sedikit merah saat jumlah alga merah melonjak drastis.

Wilayah Laut Merah Utara termasuk pantai Yordania, Mesir, Israel, Arab Saudi dan Eritrea. Laut Merah Utara dikelilingi oleh pantai bergurun pasir yang merupakan salah satu hamparan pasir terbesar di dunia.

Laut Merah tampak lebih dangkal daripada Belize Barrier Reef dan Great Barrier Reef. Namun perairan ini juga dikenal sebagai taman laut terindah di dunia dengan beragam jenis ikan dan hewan laut lainnya.

Itulah keajaiban-keajaiban yang terletak di bawah laut. Semuanya merupakan harta alam yang patut dilestarikan.  (Red/Nal)

Sumber: 7wonders.org






Redaksi Manado 2017 , 10/07/2017

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: