.

.
» » » Festival Bukit Kasih 2017 di Kanonang Sukses Digelar

Minahasa, RedaksiManado.Com – Pelaksanaan kegiatan Festival Bukit Kasih 2017 di Kanonang Kecamatan Kawangkoan Barat, yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Minahasa, dalam rangka Pesona Minahasa tahun 2017, sejak Kamis dan Jumat, 27 dan 28 Juli 2017, berlangsung meriah dan sukses digelar.
Empat jenis perlombaan kesenian tradisional di Minahasa diperlombakan di ajang ini, yakni Tari Maengket, Tari Katrili, Musik Bambu dan Kolintang, dengan peserta terbuka untuk kategori umum dan memperebutkan tropi serta uang tunai mencapai Rp 40 juta.
Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, saat menyampaikan sambutannya saat menutup kegiatan ini secara resmi menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah terlibat meramaikan dan mensukseskan Festival Bukit Kasih yang pertama kali dilakukan Pemkab Minahasa ini.
“Terima kasih kepada semua pihak, baik Panitia pelaksana, Disbudpar Minahasa dan para peserta baik Maengket, Kolintang, Katrili dan Musik Bambu yang sudah ikut berpartisipasi di acara ini. Ini bentuk kepedulian kita bersama dalam melestarikan budaya Minahasa dan mengenalkannya kepada dunia luar,” tukas JWS.
Lanjut dikatakan JWS, kegiatan-kegiatan seperti ini akan sering dilakukan, agar masyarakat Minahasa semakink cinta akan budayanya sendiri, sembari juga sebagai komitmen Pemkab Minahasa menjadikan objek wisata Bukit Kasih terus ramai dikunjungi.
“Bagaimana cara kita agar Bukit Kasih ini semakin ramai, ya dengan cara menggelar berbagai iven seperti sekarang ini. Karena tempat ini cukup terkenal di Indonesia bahkan dunia, kita akan benahi kembali tempat ini bekerja sama dengan Pemprov Sulut, sehingga tempat ini bisa menjadi ramai lagi. November nanti, akab ada iven lagi di tempat ini agar tempat ini menjadi ramai lagi,” pungkasnya sembari menutup kegiatan ini dan memainkan beberapa lagu dengan alat musik Kolintang.
Sementara, Kepala Disbudpar Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah bekerja sama sehingga acara ini bisa berlangsung sukses.
“Ini juga bentuk suguhan hiburan kepada masyarakat Minahasa dan Sulawesi Utara umumnya, serta para wisatawan yang datang baik lokal maupun manca megara. Semua pemenang lomba mendapatkan piala dan uang tunai sebagaimana telah disampaikan sebelumnya,” ujarnya.
Acara ini sendiri sebelumnya dibuka oleh Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, dan dihadiri seluruh pejabat Pemkab Minahasa dan udangam lainnya, serta masyarakat Minahasa yang datang. Adapun daftar para pemenang Lomba-lomba dalam rangka Festival Bukit Kasih 2017 sebagai berikut;
Lomba Tarian Maengket, Juara I Kecamatan Pineleng, Juara II Kecamatan Tombariri, Juara III Kecamatan Kawangkoan. Lomba Musik Bambu, Juara I Desa Pangu, Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara, Juara II Desa Taraitak 1 Kecamatan Langowan Utara Kabupaten Minahasa. Lomba Tarian Katrili, Juara I SMA Negeri 3 Tondano, Juara II SMA Negeri 7 Kombi, Juara III SMP Negeri I Tondano. Lomba Musik Kolintang, Juara I GK Mahzani Tomohon, Juara II GK Legacy Airmadidi, Minahasa Utara, Juara III GK Kabar Baik Kayuuwi, Kawangkoan Barat Minahasa.(Angel)



Angel Mendur , 7/29/2017

Penulis: Angel Mendur

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: