.

.
» » » Melihat Terumbu Karang Terindah di Dunia

NUSANTARARedaksiManado.Com -- Lautan berisi hal-hal yang memiliki keindahan luar biasa, dengan kombinasi yang menarik dari kebun bawah laut dan kehidupan laut. Yang terpenting adalah terumbu karang yang sangat menakjubkan, yang bertindak sebagai mekanisme perlindungan untuk garis pantai dan rumah bagi ekosistem laut. 

Namun, banyak terumbu karang yang terancam hancur karena ulah manusia dan membutuhkan pelestarian. Di samping, banyak juga yang keindahannya luar biasa.

Berikut adalah beberapa tempat yang memiliki terumbu karang terindah di dunia:

1. Great Barrier Reef – Australia

Tidak hanya di Australia, Great Barrier Reef salah satu karang yang paling indah di dunia, dan juga salah satu yang terbesar di dunia. Karang terdiri lebih dari 3.000 sistem terumbu individu, lengkap dengan kehidupan laut yang berwarna-warni yang melimpah dan memiliki 400 jenis karang. Terletak di pantai lepas Queensland, karang juga dilengkapi ratusan pulau, banyak yang memiliki pantai indah yang penduduk lokal dan turis berdatangan ke setiap tahun. Great Barrier Reef juga ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO .
 

2. New Caledonia Barrier Reef – New Caledonia

New Caledonia Berrief Reef merupakan situs warisan dunia UNESCO lainnya, lengkap dengan air biru yang luar biasa dalam berbagai nuansa. Terletak di Pasifik Selatan di pantai lepas  timur laut Australia, terumbu karangnya adalah rumah bagi berbagai kehidupan laut. Banyak yang masih dalam proses klasifikasi, seperti penyu hijau dan 1.000 spesies ikan yang sudah didokumentasikan. Seperti sebagian besar habitat yang menakjubkan, namun sayangnya rentan dengan ancaman karena penyebab buatan manusia.

3. Red Sea Coral Reef - Laut Merah

The Red Sea Coral Reef adalah dunia bawah laut yang menakjubkan yang terletak di antara dua gurun terpanas dan paling kering di dunia, Sahara dan Arab. Sekitar 1.200 mil panjangnya, karang ini berusia lebih dari 5.000 tahun, dan merupakan rumah bagi 300 spesies karang keras dan sekitar 1.200 ikan, di mana 10 persen hanya ditemukan di daerah ini.

4. Rainbow Reef - Fiji

Terletak di antara pulau terbesar kedua dan ketiga Fiji, yaitu: Vanua Levu dan Taveuni. Rainbow Reef adalah nama yang sempurna, karena perpaduan warna-warna cerah di bawah air, yang dihasilkan oleh karang keras dan lunak dan kehidupan laut lainnya. Memang, ada 230 karang keras dan lunak dan dekat dengan 1.200 spesies ikan.
 
5.Raja Ampat, Indonesia

Nah, Indonesia patut berbangga karena merupakan negara kepulauan yang pasti merupakan memiliki keindahan laut yang sangat luar biasa. Salah satunya, Raja Ampat di Papua. Bahkan Raja Ampat menjadi destinasi favorit bagi para pelancong di dalam dan luar negeri.
 
6.Kepulauan Wakatobi Indonesia
Selain itu juga kita punya Wakatobi, sebuah tempat cantik yang terletak di Segitiga Terumbu Karang, yaitu Taman Nasional Wakatobi yang memiliki luas 1,39 juta hektare. Kombinasi air biru-hijau ini adalah rumah bagi 750 spesies terumbu karang, menjadikannya tempat yang spektakuler untuk dieksplorasi. Hal lain yang mengesankan adalah adanya ikan yang beragam sampai dengan 942 spesies. [imk]

Admin RMC , 2/21/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama