.

.
» » » KPK Gedung Baru Yang Penuh Filosofi

Jakarta, RedaksiManado.Com - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengaku kantor baru KPK di Gedung Merah Putih dipenuhi filosofi. Salah satunya yaitu tentang adanya pohon bodhi di bagian depan gedung.

Tentang keberadaan pohon bodhi itu sebenarnya menurut kontraktor adalah berasal dari permintaan Taufieqqurachman Ruki ketika menjabat sebagai Plt Ketua KPK. Dalam agama Buddha, pohon itu dikenal sebagai tempat suci bagi Siddhartha Gautama saat bermeditasi atau bertapa dan memperoleh pencerahan.

"Gedungnya penuh filosofi. Saya diajak bicara dan ada pohon bodhi di depan. Kalau gitu ke depan saya minta juga harus tanam pohon cemara dan kurma di situ," kata Saut di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (19/2/2017).

Cat gedung pun ada 2 jenis yaitu merah dan putih sesuai dengan logo KPK yang terdapat kedua warna itu. Selain itu, di bagian depan gedung ada 5 pilar yang dianalogikan sebagai lima sila Pancasila.

"Lima itu ya Pancasila," ucap Saut.


Di tempat yang sama, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah awalnya menyebut pernah ada pengumpulan koin di gedung KPK lama terkait dengan pembangunan gedung KPK baru itu. Saut pun langsung menimpali untuk membeli tanah di kanan kiri gedung KPK baru.

"Ini kalau saya ada duit, tanah kanan kiri ingin kita beli juga. Bisa dimulai dari koin seperti disampaikan Febri," ucap Saut.

Ucapan Saut itu langsung disambut salah satu wartawan. Saut pun merespons dengan langsung mengeluarkan dompet. Febri pun melakukan hal yang sama.[Alen]

Admin RMC , 2/19/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama