» » Sistem Budidaya Ikan Bioflok di Tomohon Berhasil, Hari Ini Panen Perdana

Tomohon,RedaksiManado.com~Penerapan dan pengembangan budidaya ikan air tawar( nila) dengan sistem bioflok, berhasil di kembangkan di kota Tomohon, hal ini terlihat dengan dilakukannya panen perdana budidaya ikan nila dengan sistem bioflok oleh salah satu kelompok pembudidayaan ikan(Pokdakan) Pisok Woloan tiga yang berlokasi di kompleks lapangan Rawingkolo Taratara tiga pada Rabu 19/5.

Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Tomohon Drs O D S Mandagi, yang hadir mewakili Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH dan turut serta dalam panen perdana ikan nila ini mengapresiasi kepada Pokdakan tersebut karena mendapat kepercayaan dari kementerian Kelautan dan Perikanan untuk membudidayakan ikan nila dengan sistem bioflok.

"Pemerintah Kota Tomohon sangat mengapresiasi kepada kelompok Pisok yang saat ini melakukan panen perdana ikan nila. Pemerintah Kota Tomohon akan terus mendorong keseriusan dalam rangka memberdayakan kelompok-kelompok masyarakat agar lebih produktif, memperkenalkan teknologi budidaya ikan sistem bioflok, membuka peluang bisnis kepada masyarakat terhadap komoditas ikan nila yang pasarnya sangat baik serta memiliki peluang usaha yang cukup menguntungkan dan berkelanjutan,kata Mandagi saat membacakan sambutan Walikota Tomohon.

Sistem bioflok merupakan penerapkan budidaya ikan dengan teknologi ramah lingkungan, yang efektif dan efisien termasuk dalam penggunaan sumberdaya air, lahan dan mampu beradaptasi terhadap perubahan iklim serta dalam upaya meningkatkan taraf hidup pembudidaya ikan

Sebelumya, Kadis Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu SSTP, dalam prakatanya mengungkapkan bahwa
Kelompok pisok ini merupakan kelompok petarung. karena telah melewati berbagai cobaan alam hingga dapat melaksanakan panen perdana. Pihaknya juga akan berusaha membantu terkait kekurangan yang diperlukan, seperti penambahan airator agar panen lebih maksimal, karena saat ini aerator yang di pakai kapasitasnya hanya untuk 500 bibit ikan nila.

Di hari yang sama, dilakukan pengukuhkan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mas Merah oleh Walikota Tomohon yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon J. S. T. Pandeirot, S.Pd., M.M. di Persawahan Amian Kelurahan Taratara Dua Kecamatan Tomohon Barat.

Hadir juga pada kegiatan ini Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara Bidang Sumber Daya Manusia Jantje Rau, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP., Camat Tomohon Barat John Gigir, M.Pd., Lurah Taratara Dua John Lonta, SP., MAP. Lurah Taratara Tiga Jefry Loho, S.E., penyuluh perikanan Inike Tirukan Spi.Ketua Pokdakan bersama Para Pengurus dan Anggota.**(Abd)

Elton RMC 5/19/2021

Penulis: Elton RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: