.

.
» » » 3 Alasan Buat Penderita Diabetes Disarankan Makan Paprika

RedaksiManado.Com - Penderita diabetes seringkali harus memperhatikan makanan yang mereka konsumsi. Sebab konsumsi makanan secara sembarangan bisa meningkatkan kadar gula darah yang akhirnya malah memperburuk penyakit yang ada.

Menurut artikel lansiran dari thehealthsite.com, penderita diabetes disarankan untuk makan paprika. Alasannya?

Memperlambat proses cerna karbohidrat dan lipid
Anthocyanin yang hadir dalam paprika menghambat aktivitas 2 enzim pencernaan utama yaitu alfa-glukosidase dan lipase. Enzim alfa-glukosidase membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa, sedangkan lipase pankreas membantu dalam degradasi lemak. Jika pencernaan karbohidrat dan lipid melambat, konsentrasi gula darah dan lipid juga berkurang, sehingga menurunkan risiko hiperglikemia dan membantu mengendalikan kadar glukosa darah.

Tinggi zat antioksidan
Dengan peningkatan kadar glukosa darah dan hiperlipidemia, kamu jadi lebih rentan terhadap stres oksidatif. Capsicum mengandung kadar phytochemicals tinggi yang berperan sebagai antioksidan kuat. Senyawa ini mengikis radikal bebas berbahaya yang dilepaskan akibat stres oksidatif dan menurunkan risiko berbagai komplikasi kesehatan akibat diabetes.

Rendah kalori
Diabetes berkaitan erat dengan obesitas. Mengonsumsi paprika yang rendah kalori akan merangsang pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme tubuh. Sehingga akan mengendalikan diri dari obesitas dan menjaga kadar gula darah tetap terkendali dengan baik.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Natural Products Research menunjukkan bahwa paprika kuning lebih baik daripada paprika hijau dalam mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Konsumsi paprika juga lebih baik dimasak daripada dimakan mentah. [IMK]

Redaksi Manado 2017 , 3/10/2018

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: