.

.
» » » Mogi:Untuk Tingkatkan PAD,Pencapaian Harus Maksimal

Tomohon,Redaksi Manado.Com~Walikota Tomohon Jimmy Feidi Eman SE Ak.diwakili asisten umum Novi Politon SE,memimpin rapat koordinasi dan evaluasi pendapatan asli daerah(PAD)kota Tomohon tahun 2017 didampingi kaban keuangan. Drs.Gerardus Mogi  di gedung ex dinas keuangan pada jumat 8/9.
Dalam rapat ini Politon mengevaluasi target capaian PAD masing masing perangkat daerah terkait.sementara itu Kaban Keuangan daerah Drs.Gerardus Mogi mengatakan
Sebagaimana yang sudah di targetkan dalam APBD untuk PBB 16 miliar lebih dan yang sudah dicapai 54%.retribusi ditargetkan 6,4 miliar dan yang di capai baru 1,7 miliar atau 30an persen jadi masih rendah,ungkap Mogi,dan dari retribusi tersebut yang paling  bagus pencapaian adalah Dinas Pariwisata yang hampir 76%.
Capaian paling rendah ada dua SKPD yang alasanya Perda harus direvisi tentang tabung pemadam dan retribusi menara  telekomunikasi,yang dulunya pernah bermasalah karena dibatalkan penarikannya  tapi oleh MA dikembalikan lagi ,sehingga tetap diadakan penagihan namun sekarang dengan perangkat daerah yang baru retribusi ini tidak masuk lagi dalam pendapatan kominfo tetapi sesuai penetapan PAD yang baru dalam APBDP ,masuk pada dinas Perkim bersama sama dengan IMB.jadi masuk dalam IMB Retribusi menara telekomunikasi. pencapaian yang masih rendah lainya adalah retribusi jasa persampahan.dengan target 2 miliar tapi yang baru dicapai 336. 000000 jadi baru 16%.ini yang kami mintakan alasan dari perangkat daerah kenapa masih rendah pencapaiannya,dan apa saja upaya dari perangkat daerah untuk mengoptimalkan PAD ini,kata Mogi.
Sebagaimana yang sudah di rapatkan beberapa  waktu lalu tentang persampahan, bahwa baik ASN ataupun tenaga kontrak,harus membayar retribusi persampahan.karena per keluarga hanya dikenakan biaya 5000/bulan.untuk pajak restoran,realisasi sudah mencapai diatas 50%,begitu juga dengan pajak hotel,kecuali pajak air bawah tanah dan burung walet,juga PBB.tapi untuk PBB spptnya nanti diserahkan pada bulan juni,jadi beda dengan pajak lain yang sudah jalan dari bulan januari.untuk PBB yang mempunyai target 5 miliar lebih,kali ini sudah masuk 1,5 miliar atau 30%.jadi dua bulan kedepan akan digenjot supaya  bisa capai 5 miliar lebih.bila di bandingkan dengan pendapatan tahun sebelumnya yang hanya 2,7 miliar ,tahun ini Berarti sudah mencapai di atas 50%.tapi untuk tahun ini meningkat 84%,karena ada peningkatan NJOP,yang waktu lalu terlalu rendah,tutup Mogi.
Hadir juga dalam rakor ini ,para kepala perangkat daerah kota Tomohon.(Abd)

  

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: