.

.
» » RI 1 Resmikan PLTP Lahendong Di "Tanah Malesung".



REDAKSIMANADO.COM,(MINAHASA)-Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo pada hari ini meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong Unit 5 dan Unit 6 di Kabupaten Minahasa (Tanah Malesung) bersamaan dengan PLTP Ulubelu Unit 3 di Lampung. Pada peresmian tersebut secara simbolis serangkaian dengan menekan tombol sirine, dan penandatanganan prasasti oleh Presiden. Selasa,(27/12).
Usai peresmian Presiden Jokowi didampingi Menteri ESDM Ignasius Jonan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan Dirut PT Pertamina Dwi Soetjipto, langsung meninjau proyek PLTP ini.

Pada peninjauan tersebut Dirut PT Pertamina Dwi Soetjiptomenjelaskan kepada Presiden,  Sebelum dibangun unit yang baru, total kapasitas terpasang di PLTP Lahendong Unit 1 sampai 5 mencapai 100 MW dan direncanakan akan dikembangkan PLTP Lahendong Unit VI sebesar 20 MW. Sehingga total kapasitas dari Wilayah Kuasa Pengusahaan (WKP) pembangkit tersebut akan mencapai 120 MW dan akan Rampung 2019.
Seperti diketahui, pengembangan PLTP Lahendong Unit 5 dan 6 telah dilakukan sejak 2007 oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) dengan total investasi sebesar USD 228,7 Juta. Bahkan, proyek PLTP Lahedong Unit 5 sudah Commercial Operation Date (COD) pada 15 September 2016 lalu.
Sejak pengeboran pertama oleh Pertamina pada 1982 hingga Oktober 2016 telah dihasilkan 51 sumur panas bumi untuk Blok Lahendong dan Blok Tompaso. Blok Lahendong Existing luasnya sekitar 14 km persegi dengan potensi pengembangan diprediksi hingga 150 MW. Untuk memasok kebutuhan PLTP Unit 1-4 milik PLN dengan total kapasitas terpasang 80 MW, Pertamina Geothermal Energy telah mengoperasikan 37 sumur.
Adapun Blok Tompaso seluas 28 km persegi saat ini sudah tersedia sekitar 44,5 MW di kepala sumur dan sudah dibangkitkan 20 MW untuk PLTP Unit 5 mulai 15 September 2016 dan segera menyusul pembangkitan 20 MW untuk PLTP Unit 6. Untuk mendukung dua unit tersebut telah dibor 14 sumur. (SMR)

Admin RMC 12/27/2016

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama