.

.
» » Lomban Komit Wujudkan Kota Rendah Karbon, Walau Kota Bitung Ditetapkan KEK

Max Lomban





REDAKSIMANADO.COM, BITUNG - Bertempat di Ruang Sidang Lt. IV Kantor Walikota Bitung, Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban memimpin Rapat penerapan Low Carbon Model Town (LCMT) di Kota Bitung, didampingi Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri bersama Direktur Konservasi Energi Kementrian ESDM Ir. Farida, Kamis 16/6.

Pada kesempatan itu Lomban Mengatakan Kota Bitung merupakan satu-satunya kota di Indonesia mendapatkan penyusunan studi kelayakan (feasibility study/FS) untuk Low Carbon Model Town (LCMT) yang rencana semula ditetapkan di Kota Tomohon, namun setelah melihat keberadaan kota Bitung, Tim dari Kementrian ESDM lebih memilih Bitung karena sesuai dengan konsep LCMT.

"Walaupun telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, Kota Bitung berkomitmen untuk mewujudkan sebuah kota rendah karbon" papar Lomban

Lanjunya lagi Pemkot Bitung bekerja sama dengan Kementrian ESDM telah melakukan pertemuan dengan konsultan untuk  melakukan kerjasama dengan APEC dimana Rencana kerja proyek Bitung sebagai kota rendah karbon yakni tata guna lahan, sistem transportasi, sistem energi, lingkungan, dan pengelolaan wilayah.

Lomban berharap lewat rapat kali ini ada produk akhir yang kemudian menjadi tindak lanjut yang menghasilkan sebuah kesepakatan penetapan LCMT bagi kota Bitung yang nantinya akan ditandatangani oleh Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Kementrian ESDM bersama Gubernur dan Walikota Bitung.

"Jika LCMT telah ditetapkan di Kota Bitung, tentunya akan memberi Suggest bagi kota-kota lain di Indonesia untuk mewujudkannya" pungkasnya.

(*/iren)

Admin RMC 6/16/2016

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama